Solopos.com, KLATEN – Sayur berkuah dengan bumbu keluak atau berongkos berisi daging sapi menjadi salah satu menu yang eksis dan banyak diburu pengunjung di Klaten. Ada warung Brongkos Cipto Gandung yang laris manis hingga dagangan ludes setiap harinya dalam hitungan jam.

Warung ini disebut-sebut sudah berdiri sejak zaman kolonial. Terletak di tengah permukiman Dukuh Gatak, Desa Gondangan, Kecamatan Jogonalan.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Baca Juga: Ada Katrol Unik di Sumur Masjid Dekat Prasasti Upit

Warung yang tak pernah sepi pengunjung ini buka setiap hari mulai pukul 5 sore hingga 9 malam. Tak hanya warga sekitar dan Klaten, warung itu diramaikan pengunjung dari berbagai daerah seperti Jogja dan Solo. Tak perlu menunggu hingga malam, masakan bikinan Mbah Gandung kerap habis saat waktu magrib atau isya.

Berongkos bikinan Mbah Gandung berisi daging sapi yang empuk dengan bumbu meresap. Aneka rempah-rempah yang diracik sendiri oleh Mbah Gandung memberikan cita rasa kuah brongkos tersebut hangat, manis, dan pedas. Mbah Gandung selalu menyajikan berongkos dalam keadaan hangat dari tungku perapian berbahan bakar kayu di dapur rumahnya.

Baca Juga: Begini Ayam Diburu di Lereng Gunung Lawu dalam Tradisi Mondhosio

Selain berongkos, Mbah Gandung menjual opor ayam dan telur, serta sambal goreng tahu. Ada pula lauk aneka baceman yakni tahu dan tempe bacem serta jeroan sapi seperti iso dan babat yang juga dibacem. Selain rasa yang nikmat dan autentik, bacem jeroan bikinan Mbah Gandung tak berbau amis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya