Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca
 Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan calon istri, Erina Gudono, tampak romantis saat berziarah  di Astana Mangadeg, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar pada Selasa (29/11/2022). (Solopos.com/ Indah Septiyaning Wardani)
Espos Plus Lifestyle

Makna Ngunduh Mantu Kaesang & Erina, Prosesi Sakral Pernikahan Adat Jawa

Ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar mengikuti tata cara adat yang sakral dan penuh makna.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelah acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022). Sebelum pesta digelar, nantinya akan ada sejumlah prosesi adat yang digelar di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Ngunduh mantu adalah salah satu prosesi dalam rangkaian pernikahan adat Jawa. Istilah ngunduh mantu merujuk pada kegiatan diboyong atau dibawanya pengantin wanita ke kediaman suaminya. Artinya, prosesi ini dilakukan ketika calon pengantin sudah sah menjadi suami istri. Namun, tidak ada patokan pasti kapan upacara ini digelar. Bisa jadi H+1 ijab kabul, atau biasanya hari ke lima setelah pengantin tinggal di rumah orang tua pengantin wanita.

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
ISSN BRIN
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode