SOLOPOS.COM - Ilustrasi Snapdragon 8 Gen 1. (Foto: qualcomm.com)

Solopos.com, SOLO – Qualcomm merilis chipset platform seluler terbarunya bernama Snapdragon 8 Gen 1. Chipset ini generasi Snapdragon yang mendukung produksi video berkualitas 8K dan pengalaman game yang lebih nyata.

Mengutip siaran pers Qualcomm, Rabu (1/12/2021), Snapdragon 8 Gen 1 ini merupakan perpaduan kekuatan Snapdragon 888 dan penyesuaian teknologi 5G. “Kelas pengalaman baru yang dihadirkan Snapdragon 8 Gen 1 dapat mengubah perangkat unggulan dengan terobosan kecepatan 5G, kamera berkualitas profesional, asisten pribadi yang cerdas, dan rig gaming elit,” tulis siaran pers itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Motorola Disebut Smartphone Pertama dengan Chipset Snapdragon 898

Berikut keunggulan chipset ini untuk mendukung kebutuhan fotografi dan video pada smartphone. Chipset tersebut menggunakan ISP 18-bit pertama. Teknologi tersebut diklaim bisa mendapatkan rentang dinamis ekstrem, juga soal warna dan ketajaman serta kecepatan yang bisa menembus 3,2 gigapiksel per detik.

Detil tingkat pro untuk film dan fotografi ini disebut menunjang pekerjaan jurnalis hingga video maker profesional. Tiga ISP pada chipset itu bisa digunakan untuk mengambil foto dan video dari tiga kamera terpisah secara bersamaan.

Pengambilan video 8K HDR menjanjikan pemegang gawai dengan chipset ini mampu merekam lebih dari satu miliar corak warna. Juga 64 kali lebih banyak corak dibanding non-HDR. Sementara untuk pengambilan gambar malam, chipset tersebut mendukung 30 gamber atau lima kali lebih banyak dari generasi sebelumnya.

Baca Juga: Oppo A3S, Smartphone Canggih Kelas Menengah

Snapdragon 8 Gen 1 ini dibikin untuk mengakomodasi kebutuhan profesional yang praktis dengan smartphone tanpa boros baterai. Didukung Qualcomm Spectra ISP, AI mendukung pendeteksian wajah sehingga pencarian fokus menjadi lebih cepat. Kualitas kamera bisa menunjang hingga 200 MP dari satu lensa hingga 36 MP.

Sementara untuk dukungan pengoperasian game, chipset Snapdragon 8 Gen 1 ini dipersenjatai dengan fitur-fitur lengkap Snapdragon Elite Gaming, termasuk responsivitas yang sangat halus dan adegan HDR yang kaya warna. “Bayangkan mengeluarkan perangkat seluler Anda untuk bermain di perjalanan pulang dari kantor, menonton efek partikel seperti asap dan kabut, dan mengalami gameplay seolah-olah Anda ada di sana secara langsung,” tulis Qualcomm.

Baca Juga: Mengintip Teknologi Snapdragon pada Layar Mobil Peugeot 308

Chipset tersebut didukung GPU Qualcomm Adreno yang dirancang ulang dengan keuntungan tambahan daya 30 persen lebih banyak dan 25 persen lebih efisien.
Hal yang baru dari Adreno itu adalah dukungan Unreal Engine, yakni output pencahayaan dan efek bayangan diklaim paling canggih.

Snapdragon 8 Gen 1 itu diklaim sebagai platform 5G tercanggih yang menghadirkan solusi 3GPP Rilis 16 5G pertama. Itu merupakan solusi modem-RF 10 Gigabit 5G pertama di dunia, Sistem Modem-RF Snapdragon X65 5G generasi ke-4 dari Qualcomm Technologies memfasilitasi pengunduhan konten dalam hitungan detik dan streaming seluler tanpa repot.

Baca Juga: WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

Chipset itu juga mendapat dukungan sistem konektivitas seluler Qualcomm FastConnect 6900 yang mampu menopang kecepatan Wi-Fi hingga 3,6 Gbps melalui Wi-Fi 6 dan 6E. Dengan sistem konektivitas itu, game dan aplikasi disebut mampu bekerja lebih lancer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya