SOLOPOS.COM - Warga membeli makanan berbuka puasa di Pasar Takjil Semarak Ramadan di Benteng Vastenburg Solo, Selasa (5/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal memindahkan lokasi pasar takjil Semarak Ramadan 2022 dari area parkir Benteng Vastenburg ke Balai Kota Solo mulai pekan depan.

Hal itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (13/4/2022). Gibran mengatakan ada keluhan mengenai kondisi pasar takjil yang sepi. “Ya jenenge dagang enggak mungkin langsung ramai. Lagi sepi pirang dina, enggak mau dodolan,” katanya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Gibran menjelaskan tadinya ada rencana memindahkan lokasi lapak ke area parkir atau lapangan basket Balai Kota Solo mulai Kamis (14/4/2022). Lokasi itu dinilai lebih strategis.

Baca Juga: Baru Mulai Ramai, Pasar Takjil Semarak Ramadan Solo Malah Diguyur Hujan

Namun, lanjut Gibran, rencana itu ditunda sampai pekan depan sebab area tersebut digunakan parkir kendaraan jemaat Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan yang mengikuti misa dalam rangkaian Paskah. “Biar Paskah-nya selesai dulu. Di sini pasti ramai,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Unit Layanan Aduan Masyarakat (ULAS), ada laporan dari peserta pasar takjil Semarak Ramadan 2022 Solo mengenai jumlah pedagang dan pembeli yang turun.

Salah satu pelapor menjelaskan ekspektasi pedagang bisa mendapatkan penghasilan untuk Lebaran. Namun kenyataannya pasar takjil berjalan monoton, tanpa hiburan, dan waktu terbatas.

Baca Juga: Pasar Takjil Semarak Ramadan Solo Tampung 200 UMKM, Gini Cara Daftarnya

Evaluasi

“Penjual mundur satu per satu karena malah semakin merugi jika tiap hari bukak tetapi tidak ada pemasukan sama sekali, karena kurangnya minat masyarakat berkunjung ke Benteng,” bunyi laporan tersebut.

Pelapor menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Solo yang memberikan wadah bagi pelaku usaha mikro di Semarak Ramadan. Ia berharap ada evaluasi supaya masyarakat tertarik berkunjung ke pasar takjil.

Baca Juga: Cari Menu Buka Puasa? Pasar Takjil Semarak Ramadan di Solo Mulai Dibuka

Seperti diketahui pasar takjil dalam rangkaian Semarak Ramadan 2022 di area parkir Benteng Vastenburg Solo dimulai pada Selasa (5/4/2022) atau hari ketiga Ramadan. Pemkot menyediakan kuota 200 pelaku UMKM kuliner  yang ingin ikut meramaikan pasar takjil tersebut.

Mereka mendaftar secara online dan diseleksi Dinkop UKM Perindustrian Kota Solo. Pada hari pertama penyelenggaraan pasar takjil itu sempat diguyur hujan deras yang membuat lokasi tergenang air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya