SOLOPOS.COM - Kawasan pusat bisnis Coyudan, Jl Dr Radjiman, Solo, padat pada Senin (25/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tempat makan di Kota Solo mulai dari restoran atau rumah makan hingga pedagang kaki lima (PKL) di pinggir jalan makin padat pengunjung seiring makin dekatnya Lebaran.

Kondisi Kota Solo sangat padat terutama saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Banyak kendaraan luar kota masuk ke Solo untuk menuju ke pusat perbelanjaan sampai ke tempat makan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Minggu (24/4/2022), arus lalu lintas padat di kawasan Pasar Kliwon sejak pukul 16.30 WIB, antara lain di Jl Kiai Mojo sampai Jl Veteran, Solo. Banyak komunitas membagikan takjil di sekitar persimpangan jalan.

Baca Juga: Dishub Solo Sebut Bus Mudik Gratis Bisa Picu Masalah Lalin, Solusinya?

Mobil maupun sepeda motor menuju ke Alun-Alun Kidul (Alkid) Keraton Solo untuk mencari tempat makan atau hidangan berbuka puasa yang ditawarkan para pedagang kaki lima. Berbagai menu tersedia di Alkid, antara lain penyetan, angkringan, jagung bakar, dan sosis bakar.

Para bakul menyediakan tikar maupun meja makan lesehan di tanah lapang Alun-alun Kidul, Solo. Sejumlah delman juga membelah keramaian. Kebetulan saat itu cuaca sedang cerah sehingga wilayah Kota Solo itu makin padat.

Pedagang jagung bakar Mawa Abilawa di Alkid, Kusyani, 34, menjelaskan kondisi Alkid ramai saat tidak hujan. Kondisi paling ramai terjadi antara pukul 17.00 WIB sampai 19.00 WIB. “Iya baru empat hari ini mbludak, sampai ada yang dari luar kota mulai banyak,” katanya kepada Solopos.com, Senin (25/4/2022) petang.

Baca Juga: Siap-Siap! Diangkut 113 Bus, 4.500 Pemudik Tiba di Solo Akhir Pekan Ini

Ia mengatakan biasanya jumlah pengunjung Alkid Solo makin padat dan meningkat H-7 Lebaran sampai H+7 Lebaran, kecuali dua tahun terakhir sepi akibat pandemi Covid-19. Biasanya aktivitas di Alkid dan kendaraan yang melintas sampai membuat macet kawasan itu saat petang hari.

Sejumlah tempat makan di Solo seperti restoran dan angkringan juga ramai dengan kehadiran para tamu/konsumen jelang berbuka puasa. Kursi-kursi dan meja makan tampak penuh. Kondisi area parkir juga penuh dengan kendaraan para pengunjung.

Food Court Mal Penuh

Hal itu tampak di sejumlah resto dan rumah makan di Jl Honggowongso, antara lain di Gule Kepala Ikan Mas Agus, Bakso Titoti, dan Sate Kambing & Tengkleng Rica-rica Pak Manto. Para juru parkir sibuk mengatur kendaraan pengunjung.

Baca Juga: Pemkot Solo Sediakan Layanan Bus Mudik Gratis, Segini Kuotanya

Kondisi sama tampak di food court Solo Grand Mall (SGM). Meja makan yang tersedia penuh mulai pukul 17.00 WIB. Salah satu pramusaji La Moda Del Gelato, Linda, 20, mengatakan meja makan banyak diisi kalangan keluarga.

“Sekarang ini meja makan full, sampai banyak yang enggak dapat tempat, jelang Lebaran tambah ramai banget. Apalagi Sabtu-Minggu,” jelasnya.

Linda menjelaskan para pengunjung di Solo memilih mal untuk tempat makan dan berbuka puasa salah satunya karena tersedia banyak pilihan makanan di satu lokasi. SGM telah menambah meja kursi makan untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah pengunjung.

Baca Juga: Ramp Check di PO, Dishub Solo Temukan Bus Tidak Laik Jalan

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, mengaku melihat banyak kendaraan luar kota yang datang ke Solo pada Minggu (24/4/2022). Mayoritas kendaraan menuju ke sentra kuliner.

“Justru mudik bergilir begitu lebih aman. Petugas enggak sampai melek 24 jam. Mereka berdatangan tidak menimbulkan kemacetan. Namun saya kira macet merupakan hal lumrah jelang berbuka puasa dan ada pembagian takjil,” jelasnya, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya