SOLOPOS.COM - Penampakan kapal wisata di Sungai Serayu. (Instagram @humas_pemkab_banyumas)

Solopos.com, BANYUMAS — Wisata susur Sungai Serayu di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), akan menambah layanan dengan dua unit kapal Angkutan Serayu Banyumas (Angsamas). Kapal ini disediakan untuk melayani wisatawan yang ingin menikmati wisata susur sungai.

“Dua kapal Angsamas tersebut milik Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS). Rencana mulai beroperasi pada 16 Januari,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyumas, Agus Nur Hadie, dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari dua kapal baru tersebut, kata dia, satu kapal menggunakan mesin tempel berkapasitas 40 PK dan mampu membawa 14 penumpang. Sedangkan satu kapal lainnya menggunakan mesin tempel berkapasitas 50 PK dan mampu membawa 15 penumpang.

Baca juga: 40.000 Benih Ikan Baceman Ditebar di Sungai Serayu, Ini Tujuannya…

Pihaknya terus berupaya agar Angsamas menjadi ajang pemberdayaan masyarakat dengan harapan perekonomian masyarakat bisa bangkit dan berkembang. “Dengan hadirnya dua kapal milik PMPS, berarti hingga saat ini sudah ada tiga kapal yang melayani angkutan di Sungai Serayu. Satu kapal lainnya milik BUMDes Papringan,” katanya.

Lebih lanjut, Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Taryono, mengatakan pihaknya masih terus melakukan pembinaan terhadap Angsamas. Ia mengakui jika beberapa waktu lalu telah dilakukan uji coba Angsamas oleh Bupati Banyumas, namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

“Akhir Desember kemarin, kami sudah melaksanakan pelatihan dan pembekalan keselamatan awak perahu bagi paguyuban di Papringan maupun Tambaknegara. Alhamdulillah setelah kami berkomunikasi dengan PMPS, prinsipnya ada keinginan melanjutkan rencana terdahulu,” katanya.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas juga telah menyiapkan anggaran mencapai Rp1,1 miliar untuk pengembangan kolam labuh di Halte Tambaknegara sebagai tempat penyimpanan kapal. Bahkan, kata dia, Pemkab Banyumas juga berencana untuk melakukan Kapal Katamaran.

Baca juga: 5 Wisata Religi di Banyumas, Makam di Baturaden sampai Batu Guling

Sementara itu, Ketua PMPS, Eddy Wahono, mengatakan pihaknya ke depan juga menyiapkan satu kapal lagi yang lebih besar dengan kapasitas 40 penumpang serta speed boat berkapasitas empat penumpang. Menurut dia, kapal berkapasitas 40 penumpang tersebut merupakan kapal dengan dek ganda (double deck) serta dilengkapi toilet dan dapur.

“Kami masih melakukan persiapan, dengan memasang atap dan memasang nomor lambung kapal, penyiapan life jacket, dan sebagainya. Kami juga berencana memasang panel surya agar kapal bisa berlayar atau susur sungai malam hari,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya