SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus Covid-19 varian Omicron. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah makanan yang bisa baik dikonsumsi untuk mendongkrak daya tahan tubuh jika suatu saat terinfeksi Covid-19 varian Omicron. Apalagi biasanya saat sakit, nafsu makan justru berkurang.

Nah, fungsi dari makanan  yang baik  dikonsumsi saat terinfeksi varian Covid-19 agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga.Dengan demikian ketika nafsu makan berkurang, tubuh tidak kekurangan nutrisi. “Orang yang terkena Omicron, Delta, atau Influenza, sebenarnya tidak memiliki selera makan yang besar,” kata Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong Robert G. Lahita MD, Ph.D.,  dilansir dari Eat This.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Makanan yang baik dikonsumsi saat terinfeksi Omicron ini mudah ditelan. Karena ketika terkena Omicron, tenggorokannya sangat sakit, seolah-olah Anda menderita radang tenggorokan. Bahkan minum cairan pun sakit. Bob untuk berbagi beberapa tips tentang cara menyehatkan tubuh Anda, berikut beberapa langkah yang harus diambil saat Anda mulai merasa lebih baik, dan makanan apa yang harus dihindari sepanjang seluruh proses.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Tes Antigen Tak Bisa Deteksi Omicron Di Awal Infeksi

Berikut ini sejumlah makanan yang baik dikonsumsi saat terinfeksi Covid-19 seperti dikutip dari Bisnis.com pada Senin (10/1/2022):

1. Yogurt

Salah satu makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi  ketika Anda terinfeksi Omicron adalah yogurt. Lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan, dan memiliki protein yang membuat Anda kenyang. “Saya telah menyarankan bahwa makan yogurt dan beberapa granola pada yogurt bisa membantu Anda,” kata Bob sapaan akrabnya. “Potong juga beberapa pisang untuk potasium, dan campurkan. Tapi pisangnya harus kecil-kecil karena ingat, akan sangat sulit bagi penderita Omicron untuk menelannya.”

2. Es krim

Mungkin terdengar tidak biasa, tetapi Dr. Bob mengatakan bahwa es krim sebenarnya bisa menjadi pengisi perut yang mudah turun ketika Anda sedang sakit tenggorokan yang parah. “Makanan ini dikonsumsi jika Anda tidak menderita diabetes. Es krim memberi Anda glukosa dan juga protein, jadi Anda setidaknya bisa menjaga berat badan. Banyak orang yang mendapatkan Omicron atau Delta kadang-kadang kehilangan 20 hingga 30 pon, dan itu masalah besar.” tambahnya.

Baca Juga: Empat Anggota Positif Covid-19, Omega X Tunda Promo Comeback

3. Minuman dengan elektrolit

“Cairan itu penting,” kata Dr. Bob. Pastikan ada beberapa elektrolit dalam tubuh, terutama jika Anda mengalami diare dan muntah. Jika Anda memiliki elektrolit yang disediakan Gatorade dan minuman nutrisi lainnya, Anda tidak kekurangan kalium dan kadar natrium Anda tetap normal. .”

4. Sup dan kaldu

Makanan mudah lainnya di tenggorokan yang bisa Anda cicipi adalah secangkir sup atau kaldu. Karena, sup dan kaldu benar-benar pengganti elektrolit yang bagus. Jika Anda memiliki nafsu makan, sup yang mengandung semacam protein dan sayuran di dalamnya dapat membantu memberi tubuh Anda beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat Anda melawan infeksi.

5. Protein shake

“Milkshake vanila, milkshake cokelat, apa pun yang mudah diminum sangat penting,” kata Bob. Minum protein shake lebih ringan di perut dibandingkan dengan smoothie. Campurkan bubuk protein favorit Anda dengan es dan susu (atau alternatif susu) untuk meningkatkan protein Anda dan setidaknya memberi Anda beberapa zat.

6. Sayuran silangan

Jika Anda memiliki selera makan, Dr. Bob mengatakan makanan yang mudah dan bergizi untuk disimpan adalah semua jenis sayuran silangan. “Jika Anda bisa makan makanan biasa, lakukanlah,” kata Dr. Bob. “Sayuran benar-benar enak, sayuran seperti brokoli dan kol, kol Brussel enak, dan sayuran yang dimasak dengan saus lobak atau mustard benar-benar enak. Semua hal ini menjaga nutrisi yang Anda perlukan, dan hal-hal yang Anda perlukan,” jelasnya.

Baca Juga: Jalani Karantina di Rumah Sakit, Begini Keadaan Ashanty Saat Ini

7. Pasta dengan bolognese

Ketika virus mulai hilang, Bob mengatakan Anda mungkin memiliki nafsu makan yang meningkat dan keinginan ingin makan terus menerus. Hindari makanan tinggi glukosam dan pilihlah makanan yang akan membuat Anda kenyang dan meningkatkan protein. Pasta dengan saus daging, misalnya, bisa menjadi santapan yang enak untuk hasrat seperti itu.

8. Jeruk

Makan makanan kaya jeruk dan minum jus jeruk untuk vitamin C bisa jadi penambah kekebalan alami yang harus dicapai ketika Anda sakit, tetapi Dr. Bob mengatakan dalam kasus memiliki Omicron, itu tidak akan memuaskan Anda untuk makan. “Makanan yang terdiri dari jeruk dan makanan yang sedikit asam, akan sangat-sangat sulit untuk ditelan,” kata Bob. “Ini semua dengan varian Omicron dengan sakit tenggorokan yang parah. Akan sulit untuk menelan beberapa makanan ini, jadi itu sebabnya saya menyarankan untuk memulai dengan sangat lembut dengan makanan lunak seperti yogurt dan probiotik lainnya.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya