SOLOPOS.COM - Mi Kepiting (JIBI/SOLOPOS/Ahmad Hartanto)

Mi Kepiting (JIBI/SOLOPOS/Ahmad Hartanto)

Satu lagi menu mi Nusantara dari Pulau Kalimantan, yaitu mi kepiting khas Pontianak. Sesuai dengan namanya, ada bahan dari daging kepiting yang menjadi mendominasi rasa. Di Restoran Kopitiam Oey Solo disajikan mi tersebut dengan cita rasa yang tidak terlalu berbeda dengan asalnya. Menu ini menggunakan mi dari tepung terigu yang memiliki tekstur tipis dan empuk. Bahan-bahan lainnya seperti bakso ikan, ayam jamur, capit kepiting, daging kepiting.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Bedanya, untuk daging capitnya di sini digoreng dengan dibalut tepung panir. Sedangkan di Pontianak capit kepiting direbus,” tutur karyawan Kopitiam Oey, Utami, saat ditemui Espos, Jumat (2/3).

Selain itu, tak ada lagi perbedaan mencolok.  Sehingga, mi ini menghadirkan keunikan rasa yang autentik yang jarang ditemui di kota lain. Satu porsi mi kepiting Pontianak seharga Rp18.000 cocok ditemani lemon tea. Rasa mi kepiting tersebut gurih dan tidak pedas sehingga cocok untuk lidah Jawa yang tidak terlalu suka pedas.

Bagi pencinta seafood khususnya kepiting, olahan ini juga cocok. Dagingnya disajikan praktis, tinggal leb, tanpa perlu sibuk membuka cangkangnya terlebih dulu. Mi kepiting ini cukup terkenal di Kalimantan, khususnya Pontianak. Hal inilah yang membedakan dengan mi khas daerah lainnya, seperti Aceh yang menggunakan daging sapi, mi kering dari Makassar yang ada cumi-cuminya.

Untuk pencinta selera pedas, bisa ditambahkan sambal khusus pendamping mi. Proses penyajiannya, mi dengan topping aneka daging dan seafood disiram kuah bening dengan potongan daun bawang, membuat harum dan meningkatkan selera santap. Sepintas memang seperti mi ayam namun ada bakso ikan dan daging kepiting yang memberi kekayaan rasa. “Karena rasanya sama sekali tidak pedas, anak-anak atau yang tidak suka pedas, biasa pesan mi ini. Kandungan gizinya tinggi karena ada bakso ikan dan kepitingnya,” tambah dia.

JIBI/SOLOPOS/Ahmad Hartanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya