SOLOPOS.COM - Ilustrasi belalang. (Freepik.com)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Belalang goreng merupakan camilan yang lazim dikonsumsi dan dijajakan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meski demikian, jangan sembarang memakan belalang goreng. Bisa-bisa seperti yang dialami warga Kalurahan Sodo, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul ini.

Wagra bernama Musri, 51, itu meninggal dunia setelah mengonsumsi belalang yang telah dimasak. Belalang yang dimakan itu rupanya merupakan jenis belalang beracun hingga mengakibatkan dirinya meninggal dunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Belalang yang dikonsumsi Musri itu rupanya berjenis bulus. Belalang itu ditangkap Musri bersama suaminya, Kisman, di ladang pada Sabtu (3/12/2022). Seusai menangkap belalang beracun itu, Musri kemudian memasaknya untuk disantap.

Musri diketahui memakan tiga ekor belalang bulus, sedangkan sang suami, Kasiman, hanya memakan satu ekor. Setelah memakan belalang itu, Musri langsung muntah-muntah hingga harus dilarikan ke RSUD Wonosari untuk mendapatkan perawatan.

Selang satu hari, Musri diizinkan pulang ke rumah dan sampel darahnya diambil untuk diperiksa RSUD Wonosari. Di rumah, bukannya kondisi Musri membaik namun semakin parah dan kembali muntah-muntah hingga diberikan minuman air kelapa untuk menetralisasi racun dari belalang yang dimakan.

Baca juga: Belalang Goreng Khas Gunung Kidul Jadi Buruan Wisatawan, Berani Coba?

Akan tetapi, pada Senin (5/12/2022) pagi, nyawa Musri tak tertolong. Ia pun meninggal dunia diduga akibat mengonsumsi belalang beracun.

Kapolsek Paliyan Gunungkidul, AKP Solechan, membenarkan peristiwa kematian warga Kalurahan Sodo yang diduga akibat mengonsumsi belalang beracun jenis bulus itu. “Korban meninggal tadi pagi [Senin] sekitar pukul 03.00 WIB di rumahnya di Dusun Sodo,” kata Solechan.

Solechan menduga meninggalnya korban karena mengonsumsi belalang bulus yang memang dikenal beracun. “Bentuk belalangnya berbeda dengan belalang yang dikonsumsi pada umumnya,” ujarnya.

Baca juga: Jip Wisata Parangtritis Masuk Jurang, 1 Wisatawan Meninggal

Atas insiden tersebut, Solechan meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan belalang, meskipun sudah digorreng. “Supaya tidak mengulang hal ini kami minta untuk lebih berhati-hati, jangan mengonsumsi makanan yang berpotensi beracun,” tegasnya.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Konsumsi Belalang Beracun, Warga Gunungkidul Ini Meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya