[x] close
Makan Bawang Mentah dan Garam Bisa Sembuhkan Covid-19, Benarkah?
Solopos.com|lifestyle

Makan Bawang Mentah dan Garam Bisa Sembuhkan Covid-19, Benarkah?

Ada sejumlah bahan dipercaya bisa sembuhkan Covid-19, benarkah?

Solopos.com, JAKARTA--Di tengah upaya keluar dari pandemi Covid-19 melalui program vaksinasi,  beredar kabar sejumlah bahan bisa sembuhkan Covid-19. Obat alternatif itu berupa bawang merah mentah dan garam.

Ada yang berpendapat makan bawang merah mentah dan garam bisa sembuhkan Covid-19. Benarkah pendapat ini? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Pakar pulmonolgi dari Fortis Hospital Noida, India, Mrinal Sircar, secara tegas membantah bawang merah mentah dan garam bisa sembuhkan Covid-19.

“Tidak, tidak bisa. Harap pertahankan jarak sosial, kenakan masker Anda dan tetap menjaga kebersihan Jangan ikuti mitos semacam itu. Bila Anda terinfeksi, ikuti petunjuk perawatan yang disarankan oleh dokter Anda. Ini bukan waktu yang tepat untuk mengabadikan mitos," kata dia seperti dikutip dari Indian Express dan Antara, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga:  Coba Ini! 5 Takjil yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus, dokter menyarankan untuk vaksinasi Covid-19. Untuk mencegah sekaligus sembuhkan Covid-19, aara ahli kesehatan merekomendasikan mengonsumsi makanan bergizi seimbang termasuk sayuran dan buah-buahan untuk memastikan kekebalan Anda ditingkatkan.

Kemudian, orang yang sedang dalam masa pemulihan atau telah sembuh dari Covid-19 juga harus makan makanan sehat yakni terdiri dari protein, vitamin dan mineral, serta minum air yang cukup.

Sebelumnya juga pernah beredar kabar bawang putih bisa sembuhkan Covid-19. Metode pengobatan ini juga dipastikan tidak benar atau salah.  Ahli vaksin dari OMNI Hospitals Pulomas, Dirga Sakti Rambe, berkomentar informasi bawang putih sembuhkan Covid-19 itu bisa dipastikan tidak benar alias hoax. Menurutnya hingga saat ini belum ada obat atau vaksin yang teruji bisa menghalau virus.

"Hoakslah itu pasti. Nggak pernah ada penelitian tentang itu," kata Dirga.

"Bahwa mungkin bawang putih punya manfaat kesehatan, iya. Tapi tidak ada satu pun penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih bisa membunuh virus corona," lanjutnya.

Baca Juga: Anak-Anak Diduga Jadi Penyebar Varian Baru Corona, Benarkah?

Hal senada juga diutarakan oleh spesialis paru dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur, Annisa Sutera Insani. Menurut Annisa memang sempat ada jurnal yang menyebut manfaat bawang putih untuk menghambat virus, namun masih perlu dibuktikan.

Sempat pula beredar kabar melalui perpesanan WhatsApp bahwa air bawang putih yang baru direbus dapat sembuhkan Covid-19. Manfaat rebusan air bawang putih tersebut telah dibuktikan oleh seorang dokter muslim Tiongkok beserta banyak pasien Covid-19.

Melansir laman covid19.go.id, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto, menyatakan bahwa air rebusan bawang putih tidak bisa sembuhkan Covid-19. Menurutnya, meminum air rebusan bawang putih tidak akan membawa efek apapun dan belum ada obat yang bisa menyembuhkan virus corona.

 


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago