SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas padat merayap di depan Makorem 074/Warastrama arah Kota Solo, Senin (21/2/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Ari Wibowo, menyoroti banyaknya bus ukuran besar yang ngeyel masuk ke Solo kewat Jl Dr Radjiman pada hari pertama underpass Makamhaji, Kartasura, ditutup, Senin (21/2/2022).

Hal itu membuat jalur selatan Solo mengalami peningkatan volume arus kendaraan. Padahal sedari awal sudah disepakati bus dari selatan dilewatkan Langenharjo-Kadilangu-Pakis.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Underpass Makamhaji Ditutup, Antrean Kendaraan di Kleco Solo Mengular

“Masih banyak yang ngeyel lewat Jl Dr Radjiman. Lah kalau masuk ke situ dia nyolong-nyolong ke Jl. dr Wahidin tembus Gendengan,” urainya saat diwawancarai Solopos.com, Senin.

Menurut Ari, ada juga sopir bus yang ngeyel lewat Simpang Jongke ke utara atau arah Stasiun Purwosari demi menghindari underpass Makamhaji yang ditutup. Selanjutnya mereka berputar atau melakukan manuver U Turn di Simpang Purwosari untuk kemudian mengambil arah barat melewati flyover Purwosari.

Baca Juga: Underpass Makamhaji Ditutup, Begini Kondisi Lalin Depan Makorem Solo

“Ini sudah dipantau oleh teman-teman untuk tidak lewat sana. Kalau mereka masuk ke Solo, ya dikembalikan Makamhaji ke selatan. Sejauh ini dari pagi ada 10-an unit bus [yang ngeyel]. Tapi mungkin hari pertama, semoga besok berkurang,” harapnya.

Selain soal bus, Dishub Solo menyoroti ihwal rambu-rambu peringatan terkait penutupan underpass Makamhaji untuk perbaikan yang masih kurang di beberapa lokasi. “Beberapa perambuan belum lengkap. Dari pelaksana proyek sudah kami minta untuk melengkapi,” katanya.

Baca Juga: BTP Jateng Ungkap Penyebab Jalan di Underpass Makamhaji Cepat Rusak

Seperti diketahui, underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, ditutup mulai Senin hingga dua pekan ke depan untuk proses perbaikan. Underpass tersebut kerap mengalami kerusakan dan sudah lama dikeluhkan warga.

Hari pertama penutupan underpass tersebut mengakibatkan kenaikan volume arus lalu lintas di Kota Solo karena underpass itu berada di perbatasan wilayah dengan Solo. Kepadatan arus lalu lintas terjadi di beberapa lokasi dengan antrean terpanjang terlihat di kawasan Kleco, Laweyan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya