SOLOPOS.COM - Makam Bupati pertama Wonogiri, Raden Hangabehi (R. Ng.) Djojosoedharso, di Dusun Dringo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI – Makam Bupati pertama Wonogiri bakal dijadikan tempat wisata sejarah. Makam Bupati Wonogiri bernama Raden Hangabehi (R. Ng.) Djojosoedharso itu berlokasi di salah satu bukit Dusun Dringo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri, Jawa Tengah.

Makam keturunan pendiri Kesultanan Mataram, Panembahan Senopati, itu berjarak 1,5 kilometer dari Jalan Raya Wonogiri-Pacitan. Jalan sepanjang 700 meter menuju makam tersebut medannya menanjak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jalan tanjakan tersebut mulai dicor kanan kiri secara bertahap mulai 2010-2014. Dari bukit tersebut terlihat pemandangan Bendungan Waduk Gajah Mungkur. Pada 2016, pemerintah Desa Wonoharjo membuat tempat parkir di sebalah barat area makam dengan menggunakan dana desa.

Gibran VS Purnomo, Siapa Dapat Rekomendasi di Pilkada Solo 2020? Ini Jawaban PDIP

Pemerintah kabupaten (Pemkab), melalui Dinas Sosial Kebupaten Wonogiri, pada 2017 merenovasi makam atau kijing dengan membuat pagar, memasang keramik di lantai, serta membuat gapura kecil bertuliskan Makam Bupati Pertama Wonogiri.

Di tahun yang sama, salah satu keturunan dari R. Ng. Djojosoedharso, membuat gapura pintu masuk, tepatnya di jalan yang mulai menanjak menuju bukit tersebut. Pemerintah Desa Wonoharjo beserta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) asal Nguntoronadi juga membuatkan rumah untuk juru kunci makam.

Hal itu sebagai fasilitas agar juru kunci makam bisa menjaga kebersihan dengan baik. Semua upaya itu dilakukan untuk merawat dan melestarikan sejarah di Wonogiri.

Tak Cuma Ada Air Terbakar, Krendowahono Juga Punya Situs Berbau Mistis

Juru kunci makam, Mardi, membenarkan saat ini makam bupati pertama di Wonogiri itu mulai didatangi peziarah dari berbagai daerah. Dia pun mendukung rencana menjadikan makam tersebut sebagai objek wisata sejarah.

“Sejak jalan kesini diperbaiki dan kondisi sekitar makam mulai saya bersihkan, banyak peziarah yang berdatangan,” kata dia saat ditemui Solopos.com, Jumat (14/2/2020), di makam Bupati I Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya