SOLOPOS.COM - Skuat PSG Pati berlatih jelang mengadapi laga perdana putaran dua melawan Persis Solo pada Rabu (3/11/2021) mendatang. (Istimewa/Dok PSG Pati)

Solopos.com, SOLO – Komisi Disiplin (Komdis) PSSI resmi menghukum PSG Pati, berupa pengurangan tiga poin dan dianggap kalah walk out (WO) saat menghadapi Persis Solo pada Rabu (3/11/2021) malam.

Hal itu dikarenakan tim milik Atta Halilintar tersebut memainkan I Gede Sukadana yang masih dalam masa sanksi. Sukadana masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-46 menggantikan Yogi Rahardian di laga keenam Liga 2 itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Ini Pelanggaran yang Dilakukan Sukadana Sebelum Direkrut PSG Pati

Sukadana diketahui mendapat hukuman dari Komdis PSSI saat masih berseragam PSMS Medan. Kala itu dia mendapat kartu merah dari wasit saat membela PSMS melawan Semen Pdang. Selain larangan bertanding karena kartu merah, Sukadana juga mendapat hukuman tambahan dua kali larangan bertanding oleh Komdis PSSI.

Artinya, eks pemain Bali United itu tak bisa tampil hingga pekan keenam Liga 2. Tapi, Sukadana malah dimainkan oleh tim barunya, PSG Pati, di pekan keenam. Seperti diketahui, Sukadana menjadi pemain anyar PSG Pati bersama M. Fayrushi.

Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing, saat dimintai keterangan, Jumat (12/11/2021), mengatakan PSG Pati tidak cermat saat memainkan Sukadana. Komdis telah menyurati PSG Pati sekitar tiga hari lalu terkait sanksi itu.

“Hukuman itu sifatnya melekat meskipun pindah transfer, hukuman itu merupakan putusan tambahan dua kali tidak bermain. Termasuk saat melawan Persis Solo dia bermain. Klub itu seharusnya mengecek karena melekat hukuman itu,” kata Erwin.

Baca Juga: Mainkan Sukadana Lawan Persis Solo, PSG Pati Dihukum Kalah WO

Keputusan itu membuat Persis Solo secara hitungan selangkah lagi lolos ke delapan besar. Persis Solo tercatat mengoleksi 17 poin sedangkan PSG Pati semakin terpuruk di dasar klasemen dengan koleksi 4 poin. Sanksi itu membatalkan hasil PSG Pati vs Persis Solo dengan skor 1-1.

Persis Solo memerlukan satu kali lagi kemenangan untuk memastikan lolos ke babak delapan besar. Laga selanjutnya Persis Solo bakal menghadapi PSIM Jogja pada Senin (15/10/2021) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya