SOLOPOS.COM - Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). (Antara/Ari Bowo Sucipto)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut, bahwa TGIPF tengah memeriksakan gas air mata yang menjadi salah satu barang bukti tragedi Kanjuruhan.

Mahfud menyampaikan, bahwa pemeriksaan untuk mengetahui tingkat kebahayaan gas air mata yang ditembakkan kepada para suporter Arema FC, bagi kesehatan. Terlebih, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) juga menemukan fakta bahwa sejumlah gas air mata bahkan telah kedaluwarsa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bukti-bukti penting yang didapatkan dari lapangan saat ini sedang dikaji dan sebagian juga sedang diperiksakan di laboratorium, misalnya menyangkut kandungan gas air mata,” tutur Mahfud dikutip dari kanal YouTube Kemenko Polhukam, Rabu (12/10/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga Bos IMF dan Bank Dunia Beri Peringatan Meningkatnya Risiko Resesi Global

TGIPF juga masih melakukan pemeriksaan terhadap beberapa gas air mata lainnya, untuk mengetahui apakah cairan tersebut telah kadaluwarsa atau tidak. Sementara itu, mulai hari ini, Ketua TGIPF itu menyebut pihaknya akan melakukan analisis sekaligus menyusun kesimpulan dan rekomendasi sebagai hasil dari pengusutan kasus Kanjuruhan. Laporan tersebut, katanya, diharapkan dapat diserahkan kepada Presiden Joko Widodo pada Jumat (14/10/2022).

“Dulu, presiden mengatakan kalau bisa 2 minggu, kami Insyaallah lebih cepat lagi, yakni 10 hari saja. Artinya Jumat ini sudah bisa diserahkan.”

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Mahfud MD: Gas Air Mata Tragedi Kanjuruhan Tengah Diperiksa di Laboratorium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya