SOLOPOS.COM - Mahasiswa asal Madagaskar, Irene, membuka diskusi panel 2 penyampaian rancangan dan strategi tiga calon Rektor UNS Solo di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo, Kamis (27/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Panel 2 penyampaian tentang rancangan rencana induk pengembangan dan strategi Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo sebagai world Class University oleh tiga calon rektor periode 2023-2028 digelar di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo, Kamis (27/10/2022).

Acara dibuka dengan penampilan mahasiswi asal Madagaskar, Irene, yang menyanyikan lagu Laskar Pelangi sekitar pukul 08.30 WIB. Mahasiswi Desain Komunikasi Visual (DKV) UNS itu menyanyikan lagu nyaris tanpa cela.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suaranya yang merdu dan pelafalan bahasa Indonesia yang lancar, bahkan mengajak mereka yang hadir untuk ikut bersenandung. Pada panel kedua ini, tiga calon rektor akan menyampaikan rancangan induk dan strategi mereka untuk pengembangan UNS Solo.

Mereka yakni Prof Dr rer nat Sajidan, Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, dan Prof Dr Hartono. Mereka memberikan pemaparan di hadapan Majelis Wali Amanah (MWA) UNS dan para panelis yang hadir.

Panelis pada diskusi kedua ini masih sama dengan diskusi pertama yakni dua perwakilan Senat Akademik (SA) UNS, Prof dr Ari Handono Ramlan dan Prof Dr Agr Sc Ir Vita Ratri Cahyani.

Baca Juga: 3 Calon Rektor UNS akan Paparkan Strategi Meraih Visi Misi Mulai Besok

Kemudian dua orang perwakilan Dewan Profesor (DP) UNS, yakni Prof Drs Suranto dan Prof Dr Wahyudi Sutopo, satu orang perwakilan Pimpinan/Wakil Rektor UNS, yakni Prof Dr Ir Ahmad Yunus, MS. Dua perwakilan Tenaga Kependidikan UNS, yakni Dra Mustikawati Endah Setyandari, dan Drs Rohman Agus Pratomo.

Penyampaian Materi dalam Bahasa Inggris

Dua orang perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tingkat universitas, yakni Hilmi Ash Shidiqi dan Muhammad Pasya Falikhur. Dua orang perwakilan tokoh masyarakat/tokoh pendidikan, yakni Prof Dr Zudan Arif Fakhrulloh, dan Prof Dr Sugiyaryo.

Tidak ada yang berbeda dari materi yang disampaikan ketiga calon rektor UNS Solo tersebut. Hanya, kali ini setiap calon rektor wajib memaparkan visi misi, strategi, dan menjawab pertanyaan menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga: Membedah Visi Misi 3 Calon Rektor UNS Solo: Tantangan hingga Cita-Cita Mendunia

Sebelum memaparkan kembali visi misi ditambah strategi, para calon rektor mengambil undian untuk menentukan urutan dalam melakukan presentasi. Dipandu oleh Guru Besar Fakultas Sastra Inggris, Prof Diah Kristina, ketiga calon rektor mengambil undian.

Prof Hartono mendapat giliran pertama, disusul Prof Sajidan dan Prof I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani menjadi yang terakhir melakukan presentasi. Tidak ada yang berubah secara materi dari ketiganya, namun semua materi dijelaskan menggunakan bahasa Inggris.

Ketiga calon rektor sedikit terbata-bata pada awal menyampaikan strategi mereka, namun ketika memasuki tengah-tengah presentasi, ketiganya cukup lancar, terutama Prof Hartono yang cukup tenang dalam 10 menit waktu yang diberikan untuk presentasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya