[ X ] CLOSE

Mahasiswa UNS Meninggal saat Diklat Menwa, Apa Itu Menwa?

Apa itu Menwa alias Resimen Mahasiswa? UKM di UNS Solo yang menggelar diklat dan menelan korban jiwa seorang mahasiswa.
Mahasiswa UNS Meninggal saat Diklat Menwa, Apa Itu Menwa?
SOLOPOS.COM - Kegiatan pra pendidikan dasar

Solopos.com, SOLO — Dunia pendidikan kembali berduka setelah mahasiswa UNS Solo meninggal dunia saat mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pra-Gladi Patria Angkatan ke-36 Resimen Mahasiswa (Menwa), yang digelar 23-31 Oktober 2021. Sebenarnya apa itu Menwa?

Menwa merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada hampir di kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia. Mengutip laman milik Menwa UNS Solo, Uns.ac.id/id/ukm/menwa, Senin (25/10/2021), Menwa sangat diperlukan sebagai komponen cadangan rakyat terpilih.

Berbagai upaya dilakukan untuk menyelaraskan tugas dan fungsinya agar sejalan dengan dinamika perguruan tinggi. Menwa merupakan UKM yang menampung menampung minat dan bakat mahasiswa di bidang bela negara.

Baca Juga: Deklarasikan PKR, Tuntas Subagyo Undang Anies, Ganjar & Gibran

Menwa berdiri untuk memberi tempat mahasiswa yang tertarik dunia militer di lingkup perguruan tinggi. UKM itu lahir di perguruan tinggi sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Menwa juga menjadi komponen cadangan negara yang dipersiapkan untuk mempertahanakan tanah NKRI.

Mereka diberi pelatihan mirip anggota TNI, yakni taktik pertempuran, penggunaan senjata, survival atau bertahan hidup, bela diri militer, terjun payung, penyamaran, navigasi, dan lainnya. Sebagai unit kegiatan mahasiswa, Menwa berada langsung di bawah rektorat.

Baca Juga: Mahasiswa UNS Meninggal saat Diklat, Keluarga: Ada Luka di Tubuh Korban

Lalu apa semboyan Menwa jika hampir mirip TNI? Menwa memiliki semboyan Widya Castrena Dharma Siddha yang berarti penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan.

Ilmu pengetahuan di situ berarti berbagai cabang keilmuan yang diperolah mahasiswa saat di kampus untuk bekal setelah lulus dari perguruan tinggi dan menempuh karier selanjutnya.

Sementara ilmu keprajuritan berarti anggota Menwa dilatih tidak hanya ahli dalam bertermput. Namun juga memiliki jiwa keperwiraan, keksatriaan, dan kepemimpinan.

Baca Juga: Usung VV-Co, Mahasiswa Politeknik Indonusa Raih Medali Emas di Kroasia

Meski memiliki seragam yang mirip, perlu ditegaskan bahwa mereka bukan TNI meski berada di bawah naungan TNI. Mereka betugas bedasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, yakni Menteri Petahanan, Menteri Pendidikan Nasional, dan Menteri Dalam Negeri.

Lalu apa tugas dan funsgi Menwa? Secara singkat, Menwa memiliki tugas dan fungsi sebagai komponen cadangan dalam pertahanan negara serta menjadi UKM tempat mahasiswa menyalurkan bakat dan minat.

Mahasiswa UNS Meninggal saat Diklat Menwa

Dikabarkan Solopos.com sebelumnya, salah satu mahasiswa UNS Solo meninggal dunia setelah mengikuti diklat UKM Menwa, Minggu (24/10/2021). Korban diketahui bernama Gilang Endi S asal Dukuh Keti, RT 002 / RW 005, Desa Dayu, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Baca Juga: 10 Kasus Pembunuhan Paling Sadis di Klaten, Korban Ada yang Lagi Hamil!

Menurut keterangan keluarga, tubuh korban terdapat luka lebam dan darah. Pihak keluarga juga menyebut kepergian Gilang tidak wajar. Pihak keluarga kemudian memutuskan agar jasad Gilang diautopsi untuk mengetahui penyebab kematiannya.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago