SOLOPOS.COM - Mahasiswa di Semarang berusaha merangsek masuk ke kompleks Kantor DPRD Jateng setelah merobohkan pagar, Selasa (24/9/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Gelombang penolakan RUU dan UU kontroversial terjadi di berbagai daerah, termasuk di Kota Semarang. Di ibu kota Jawa Tengah (Jateng) itu, ribuan mahasiswa dari berbagai kampus perguruan tinggi menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Jateng, Jl. Pahlawan, Selasa (24/9/2019).

Aksi massa ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Massa yang hadir dengan mengenakan jas almameter kampusnya itu terlebih dahulu berkumpul di Jl. Pahlawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka kemudian menggelar long march mengelilingi lapangan Simpang Lima Semarang, sebelum menggelar aksi di depan Kantor DPRD Jateng.

Tak hanya menggelar orasi dan mengusung spanduk bertuliskan kata-kata bernada satir yang ditujukan kepada para legislator Senayan, aksi itu juga diwarnai kericuhan ketika massa nekat menjebol pagar Gedung DPRD Jateng.

Ekspedisi Mudik 2024

Aksi merobohkan pagar Kantor DPRD Jateng itu digelar sebagai bentuk pelampiasan karena tuntutan mereka tak segera dipenuhi. Sebelum merobohkan pagar itu, massa yang menamakan diri sebagai Aliansi Semarang Raya itu meminta bertemu dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan terkait RUU dan UU yang dianggap bermasalah, seperti RUU KUHP.

Berikut foto-foto aksi mahasiswa peserta demo yang berhasil diabadikan wartawan Semarangpos.com:

Demo Mahasiswa

Mahasiswa di Semarang berusaha masuk ke Gedung DPRD Jateng setelah merobohkan pagar, Selasa (24/9/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

demo mahasiswa semarang

Detik-detik saat massa aksi dari mahasiswa di Semarang merobohkan pagar Gedung DPRD Jateng, Selasa (24/9/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

demo mahasiswa semarang

Massa aksi mahasiswa Semarang menaiki pagar Gedung DPRD Jateng sambil membawa spanduk bernada satir, Selasa (24/9/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

demo mahasiswa semarang

Massa aksi mahasiswa dari Aliansi Semarang Raya berjalan kaki menuju Lapangan Pancasila Simpang Lima, Selasa (24/9/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

demo mahasiswa semarang

Seorang peserta aksi membawa spanduk bernada satir menolak RUU dan UU kontroversi dalam aksi di Semarang, Selasa (24/9/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Demo mahasiswa semarang

Mahasiswa Semarang berbaris di pinggir selokan di depan Kantor DPRD Jateng dalam aksi menolak RUU dan UU bermasalah, Selasa (24/9/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Ganjar Pranowo

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berbicara di depan massa aksi demo menentang RUU kontroversi di depan Kantor DPRD Jateng, Kota Semarang, Selasa (24/9/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya