SOLOPOS.COM - Mahasiswa KKN UNS Kelompok 303 membuat video profil Desa Tlogopragoto, Kebumen. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Mahasiswa KKN UNS Solo Kelompok 303 membuat video profil Desa Tlogopragoto, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini dilakukan pada 27 Juli-8 Agustus 2022.

Sebelumnya, Desa Tlogopragoto memiliki stigma buruk dari masyarakat. Salah satunya adalah banyaknya tindak kriminal yang sering terjadi di daerah ini, sehingga menyebabkan banyak masyarakat takut dan enggan melewati jalanan di daerah tersebut ketika malam hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan adanya video profil desa yang dibuat oleh Kelompok 303 KKN UNS Solo ini diharapkan akan mengubah pandangan masyarakat luar mengenai citra Desa Tlogopragoto. “Desa Tlogopragoto memiliki banyak potensi seperti bidang pertanian meliputi tanaman cabai dan jambu kristal, peternakan, perdagangan, tambak, serta adanya kampung garam,” ujar Sekretaris Desa Tlogopragoto, Wasis, dalam keterangan pers yang diterima Solopos.com pada Jumat (26/8/2022).

Baca Juga: Mahasiswa KKN UNS di Johunut Wonogiri Sulap Limbah Daun Jati Jadi Kompos

Potensi Desa Tlogopragoto yang cukup besar perlu dilakukan dengan cara mengenalkan ke masyarakat luas melalui pembuatan video profil desa yang diupload di media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Video  itu bertujuan untuk mengenalkan potensi-potensi Desa Tlogopragoto.

“Kami melakukan pengambilan video di balai desa, tambak udang, pantai, tunnel garam, petilasan, peternakan, lahan pertanian menggunakan drone yang dibantu oleh pihak eksternal sebagai pilot drone pada tanggal 27 Juli 2022. Lalu, kami melanjutkan pengambilan video di sekitar Pasar Tlogopragoto pada 28 Juli 2022,” kata Koordinator Kelompok 303 KKN UNS Solo, Mararti.

Baca Juga: Kelompok 219 KKN UNS Solo Gelar Penyuluhan di Jurangjero Klaten

Kegiatan ini juga melibatkan juru kunci dan sesepuh Desa Tlogopragoto yang menceritakan asal usul desa. “Dahulu ada seorang yang kerap disapa Mbah Pragoto menemukan sebuah telaga yang digunakan sebagai tempat bertapa Dewi Renges. Mbah Pragoto membuka alas/lahan di daerah sekitar telaga tersebut yang kemudian diberi nama Desa Tlogopragoto,” ujar juru kunci di Desa Tlogopragoto, Muslih.

Baca Juga: Tim KKN UNS Solo dan IPB Garap Data Desa Kacangan Sragen

Kegiatan pembuatan video profil desa oleh kelompok 303 KKN Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo ini disambut baik oleh Pemerintah Desa Tlogopragoto. Tidak hanya itu, masyarakat Desa Tlogopragoto sangat antusias berpartisipasi dalam perancangan video profil ini. Video profil desa dapat diakses melalui Youtube KKN UNS kelompok 303 Desa Tlogopragoto https://youtu.be/APFLSvnKuq0.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya