SOLOPOS.COM - Mahasiswa dari Universitas Nusa Mandiri (UNM) Jakarta menggelar KKN di PT Seino Indomobil Logistics. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) Jakarta menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengadakan pelatihan komputer untuk program Ms Excel for basic hingga advance.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Senin (6/6/2022), kegiatan ini terlaksana pada 9 Mei 2022 hingga 24 Mei 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu kelompok KKN dari Universitas Nusa Mandiri (UNM) terjun langsung untuk membagikan ilmu penggunaan program excel kepada karyawan PT Seino Indomobil Logistics, Jakarta.

Disebutkan, kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan cukup baik, sukses, dan suasana menyenangkan. Walaupun dengan persiapan singkat, kelompok KKN yang terdiri atas dari Dikki Wahyudi, Ima Ridho Wati, dan Yana Supriatna, mampu melaksanakan tugas KKN dengan lancar.

Dengan pelatihan komputer program excel ini diharapkan bisa membantu karyawan perusahaan dalam membuat laporan kerja hingga menganalisis data.

Baca Juga: KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargosari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Poses pelatihan tersebut dimulai dari Pre-Test untuk masing-masing peserta dengan tujuan mengetahui atau mengukur kemampuan peserta dalam penggunaan Ms. Excel.

Kemudian pelatihan dilanjutkan dengan pemaparan atau penyampaian isi materi tentang Ms. Excel, mulai dasar-dasar hingga penerapan fungsi-fungsi program tersebut.

Setelah kegiatan penyampaian materi, Tim KKN kemudian melakukan Pos-Test terhadap para peserta untuk mengetahui kemampuan peserta seusai pelatihan.

Baca Juga: Tim 209 KKN UNS Bikin Program Teras Literasi di Desa Keboan Sukoharjo

“Semoga kegiatan ini menjadi berkah untuk kami dan semoga ke depannya kami dapat menyalurkan lebih banyak ilmu yang kami miliki untuk berkontribusi memajukan sumber daya manusia di Indonesia,” ujar salah satu anggota tim KKN.

Seperti diketahui, KKN merupakan salah satu perwujudan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan KKN biasanya dilaksanakan secara berkelompok. Selama pandemi Covid-19, kegiatan ini ada yang dilakukan dengan metode hybrid yaitu kombinasi ofline dan juga online.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya