SOLOPOS.COM - Pusat Robotika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang dikunjungi Tim Ekspedisi Pendidikan 2022. (Solopos/Tri Rahayu)

Banner Ekspedisi PendidikanSolopos.com, SURABAYA — Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyiapkan prototipe robot permainan tradisional ala India yang disebut lagori. Tim beranggotakan beberapa mahasiswa lintas disiplin ilmu.

Tim saat ini sedang menyiapkan prototipe robot lagori yang ditargetkan bisa lolos ke ajang Kompetisi ABU Asia-Pacific Robot Contest (ABU Robocon) 2022 di New Delhi, India, pada Agustus mendatang.Para mahasiswa merancang prototipe robot lagori itu di laboratorium robotika ITS Surabaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tim Ekspedisi Pendidikan 2022 sempat melihat aktivitas para mahasiswa ITS Surabaya sibuk membuat prototipe robot. Berbagai rangkaian komponen elektronik berpadu dengan sensor-sensor tertentu serta kode-kode programing.

Salah satu mahasiswa Teknik Elektro ITS Surabaya, Adam Mail, saat berbincang dengan Tim Ekspedisi, Jumat (11/2/2022), mengaku sebelumnya pernah bergabung dengan tim Robot ITS Goes to tmaTiongkok (Riot) 2021.

Baca juga: Revolusi Digital Epson Indonesia Mampu Tingkatkan Penjualan Produk

Di tim tersebut, Adam dan teman-temannya membuat robot panah yang diberi nama Thomas dan Arthur. Dua robot tersebut ternyata mampu membawa nama Indonesia ke kancah internasional karena dua robot panah itu menjadi juara I di ajang ABU Robocon 2021 di Jimo, Tiongkok

“Riset atas dua robot itu dilakukan selama setahun dengan jumlah anggota 12 orang. Robot itu bisa melepaskan 20 panah dalam waktu 40 detik. Panah itu bisa melambung dengan jarak terjauh sampai 6 meter,” ujar dia.

Setelah jadi juara di ABU Robocon 2021, Adam ingin mengulang kesuksesan dengan membuat tim lagi untuk merancang robot baru yang bisa memainkan permainan tradisional India yang disebut lagori. Dia mengatakan tema lagori itu yang menentukan panitia kompetisi robotik dari India.

ITS Surabaya

Rakitan robot buatan mahasiswa di laboratorium robotika Kampus ITS Surabaya, Jumat (11/2/2022). (Solopos/Tri Rahayu)

Baca juga: Tim Ekspedisi Pendidikan 2022 Jelajahi Inovasi ITS Surabaya

Dia bersama rekannya berencana membuat dua unit robot yang bisa menghancurkan sasaran dan robot lainnya bisa memperbaiki objek yang dihancurkan itu.

“Kami sempat gagal dalam uji coba awal karena lemparan bola hanya bisa 30 cm. Padahal jarak yang dibutuhkan sejauh 5 meter. Kuncinya di sensor jarak. Kami nanti akan mengikuti seleksi tingkat nasional pada Juni mendatang. Yang menang nanti maju ke lomba di India itu,” jelasnya yang diamini temannya, Muh. Irfan.

Mahasiswa lainnya, Muh. Al Fatih, bersama rekannya di tim yang lain juga menyiapkan robot pemadam kebakaran. Mahasiswa prodi Teknik Industri itu berniat ikut kontes robot SAR Indonesia di 2022. “Tahun lalu di UGM. Kalau tahun ini belum ada pengumuman,” ujarnya.

Ekspedisi Pendidikan 2022 Solopos Media Group (SMG) didukung oleh Epson, Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS), Universitas Terbuka (UT), Institut Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah, Yayasan Pendidikan Djamaatul Ikhwan, dan BMW Astra.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya