SOLOPOS.COM - Penyerahan Buku profil GOW hasil karya mahasiswa PLT FISKOM yang diwakili oleh Dosen FISKOM Rendy H. Abraham, S.I.Kom, M.I.Kom. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi atau Fiskom Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga menerbitkan buku tentang sepak terjang organisasi-organisasi wanita di Salatiga.

Penerbitan buku ini merupakan salah satu output penyelenggaraan Pembelajaran Lapangan Terpadu (PLT) yang diadakan Fiskom UKSW tahun 2021. Buku yang diterbitkan adalah Buku Profil Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

Buku karya mahasiswa di bawah bimbingan Drs. Daru Purnomo, M.Si., ini telah diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Salatiga Titik Kirnaningsih didampingi Dosen Fiskom UKSW Rendy H. Abraham, S.I.Kom., M.I.Kom kepada Ketua GOW Salatiga Ratna Dumilah dalam peringatan Hari Ibu belum lama ini di Pendapa Rumah Dinas Wali Kota Salatiga.

Baca Juga: 6 Program Studi Terakreditasi Unggul, Ini Sejumlah Pencapaian UKSW

Rendy H. Abraham mengemukakan Buku Profil GOW merupakan salah satu hasil karya mahasiswa Fiskom yang dikerjakan selama proses PLT 2021. Buku setebal 60 halaman ini mendokumentasi dan merekonstruksi sepak terjang organisasi-organisasi wanita yang ada di Salatiga yang selama ini belum terdokumentasi dengan baik.

“Buku profil ini dikerjakan oleh mahasiswa selama dua bulan PLT di Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana [DP3APPKB] yang wilayah kerjanya ada di seluruh Kota Salatiga,” terangnya.

Sementara itu, Drs. Daru Purnomo, M.Si pembimbing kelompok PLT yang dihubungi lewat wawancara online belum lama ini mengemukakan ada sekitar 25 organisasi wanita di Salatiga antara lain Persatuan Istri Tentara (Persit), Persatuan Istri Purnawirawan (Perip), Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Persatuan Istri Veteran Indonesia (Piveri), Perkumpulan Wanita Kristiani Imanuel Jawa Tengah (PWKIm) yang sepak terjangnya ditulis dalam buku ini.

Baca Juga: Peran Fiskom UKSW Dampingi dan Kuatkan Masyarakat Perangi Stunting

“Buku ini dibuat oleh mahasiswa kelompok delapan yang saya bimbing, berkolaborasi dengan bidang Pemberdayaan Perempuan DP3APPKB dengan pendamping lembaga Ibu Choty dan Ibu Pretty. Dengan adanya buku ini, GOW yang berdiri sekitar tahun 1950-an sudah memiliki dokumentasi dalam bentuk buku dan sumbangsih PLT Fisikom tahun 2021 sangat besar bagi terealisasinya buku ini. Semoga buku profil ini memberikan manfaat yang besar,” imbuh Daru Purnomo.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Fiskom UKSW kembali menyelenggarakan PLT bagi mahasiswanya. Tahun 2021, mahasiswa ditempatkan pada lembaga mitra yang meliputi 15 lembaga nongereja dan 32 lembaga gereja.

Baca Juga: Kovizin Antar Mahasiswa FKIP UKSW Juara 2 Lomba Inovasi Pendidikan

Salah satu lembaga nongereja tempat mahasiswa Fiskom melaksanakan PLT-nya adalah DP3APPKB Kota Salatiga.

Rekomendasi
Berita Lainnya