SOLOPOS.COM - Seorang pamong desa melihat replika Prasasti Upit di Kahuman, Ngawen, Klaten, Senin (14/12/2020). Melalui prasasti itu diketahui desa tertua di Indonesia ternyata berada di Klaten. (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Tak disangka-sangka, ternyata desa tertua di Indonesia ada di Klaten, Jawa Tengah.

Desa yang dinamai Upit ini berada di Ngawen, Klaten. Menurut informasi yang diungkap oleh pengelola akun Instagram @kominfo.jateng, Desa Upit atau Yupit ini diklaim sudah berusia 1.154 tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tutorial Make Up dari Widodo Redmi, Bikin Alisnya Super Kocak

Hal ini dibuktikan dengan adanya Prasasti Upit yang berada di desa yang terletak 11 kilometer dari pusat Kota Klaten itu.

Tak hanya prasasti, ada pula masjid yang disebut-sebut sudah dibangun sejak ratusan tahun yang lalu, potongan batu candi hingga kolam pemandian.

Apartemen Murah di Solo Satu Ini Punya Segudang Fasilitas, Intip Yuk!

"Selain prasasti, ditemukan pula masjid yang dibangun sejak ratusan tahun silam, potongan batu candi, dan pemandian atau sendang. Untuk prasasti asli saat ini tersimpan rapi di Balai Pelestarian Cagar Budaya Jateng," beber dia.

Menurut akun Instagram resmi Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Tengah itu, desa tertua di Indonesia ini dibangun oleh Raja Mataram Kuno, yaitu Sri Maharaja Rakai Kayuwangi.

Kerap Jadi Lokasi Kecelakaan, Ternyata Ada Buto Hitam Hingga Kuntilanak di Underpass Makamhaji

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dinas Kominfo Prov Jateng (@kominfo.jateng)

"Pemdes Kahuman mencatat Upit merupakan desa perdikan atau desa bebas pajak pada zaman Mataram Kuno. Desa dibentuk pada masa pemerintahan Maharaja Rakai Kayuwangi. Hal ini tertulis di Prasasti Upit," kata pengelola kun Instagram @kominfo.jateng.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com pada situs resmi Provinsi DI Yogyakarta, Sri Maharaja Rakai Kayuwangi merupakan Raja Mataram Kuno ke 10 pada Dinasti Sailendra pada 855-885 M.

Ini Dia Penampakan Rambut Asli Kak Seto yang Bikin Pangling

Dan Prasasti Upit ini merupkan milik dari Rakai Kayuwangi yang bertanggal 11 November 866 M.

Dihuni Lebih dari 2.000 Penduduk

Dari informasi yang tayang di situs Goodnewsfromindonesia.id, desa tertua di Indonesia yang terletak di Desa Kahuman ini memiliki luas 132.598 ha dan dihuni lebih dari 2.000 penduduk.

Wah! Ada Perumahan Modern di Tengah Kota Wonogiri yang Ramah di Kantong

Di desa ini juga tercatat ada 5 RW dan juga 11 RT. Lokasinya yang strategis di Jalan Klaten-Boyolali, Desa Upit menyimpan potensi pariwisata yang patut dikembangkan.

Apalagi terdapat banyak benda peninggalan kuno di desa tersebut.

Waspada Jika Kamu Sering Ngorok dan Leher Seperti Tercekik Saat Tidur

Deretan Artis Era 80-90an yang Masih Hot Hingga Sekarang

Fakta Unik Lainnya



 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya