SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar membuka kesempatan kepada masyarakat untuk magang kerja di Jepang tahun ini. Perekrutan dilaksanakan 10-14 Oktober 2022 dan pendaftaran dimulai 2 Juni hingga 30 September 2022.

Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagnakerkop UKM) Karanganyar menginformasikan dalam preses pererkutan, akan ada seleksi berupa tes. Warga yang mendaftar akan dites matematika, kesamaptaan tubuh/cek fisik, tes ketahanan fisik, dan wawancara.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sementara itu, bagi warga Karanganyar yang berminat bekerja di Jepang dapat mendaftar ke Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi Jawa Tengah, dengan membawa surat rekomendasi dari Disdagnakerkop UKM Karanganyar.

Ekspedisi Mudik 2024

Persyaratan lainnya adalah bahwa pendaftar harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 minimal dosis perdana. Selain itu, peserta sudah mengisi biodata yang disediakan melalui Google Form yang sudah ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ary Lusiawaty di nomor telepon 024-8451627 atau 081325795192.

Baca Juga: Pulang Kampung, TKI Klaten Utara Diisolasi di Asrama Haji Donohudan

Sementara itu, Kepala Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Matradi, mengatakan lowongan magang kerja ke Jepang ini rutin dilakukan. Namun, di saat pandemi Covid-19 melanda sejak 2020, program ini ditiadakan.

“Nah, mulai tahun ini diadakan lagi. Sehingga ini nanti kemungkinan peminatnya nanti sangat banyak karena banyak yang belum bisa mendaftar tahun-tahun lalu,” ujar Martadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya