Madiun Naik Level 3, Bupati: Karena Capaian Vaksinasi Baru 40%

Setelah sempat menerapkan PPKM Level 2, kini Kabupaten Madiun kembali lagi berada di level 3.
Madiun Naik Level 3, Bupati: Karena Capaian Vaksinasi Baru 40%
SOLOPOS.COM - Bupati Madiun, Ahmad Dawami. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Setelah sempat menerapkan PPKM Level 2, kini Kabupaten Madiun kembali lagi berada di level 3. Hal ini karena kasus Covid-19 mengalami peningkatkan dan capaian vaksinasi Covid-19 masih rendah.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan Madiun kembali naik levelnya karena capain vaksinasi Covid-19 baru mencapai 40%. Dia menuturkan saat ini capaian vaksinasi menjadi salah satu indikator penentuan level di peraturan Mendagri.

“Kenaikan kasus tetap menjadi indikator, tetapi ditambah capaian vaksinasi Covid-19 juga menjadi indikator,” kata dia, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Ngaku Kasatreskrim, Polisi Gadungan Tipu Guru PNS Hingga Rp68 Juta

Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing itu menuturkan saat ini pemkab masih mengejar capaian vaksinasi tersebut. Karena untuk turun level, capaian vaksinasi harus mencapai 50%.

“Kalau level di Madiun naik dari hasil asesmen, itu menjadi introspeksi,” ujarnya.

Menurut dia, selama ini suplai vaksin ke daerah itu berdasarkan risiko. Artinya, daerah yang memiliki risiko penularan tinggi akan mendapatkan prioritas pasokan vaksin.

Baca juga: Pemkab Madiun Jamin Pendidikan dan Kesehatan Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

Saat Madiun berada di level 2, kata dia, hal itu tidak terlepas dari ketatnya pembatasan dan kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau memang warga disiplin dalam menerapkan prokes. Nantinya akan stabil. Kita masih berupaya untuk membuatnya menjadi stabil,” kata dia.

Bupati berharap masyarakat tidak abai menerapkan protokol kesehatan. Minimal harus mengenakan masker saat sedang berada di luar rumah.

 

 

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago