SOLOPOS.COM - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. (Antara- Polri)

Solopos.com, JAKARTA -- Mabes Polri menarik tiga anggota mereka yang menjadi penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Polri tidak memperpanjang masa tugas mereka yang telah habis di lembaga antirasuah tersebut.

Keputusan menarik tiga penyidik itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1109/V/KEP/2021 tertanggal 31 Mei 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketiga perwira menengah yang ditarik adalah Kompol Edwar Zulkarnain, Kompol Petrus Parningotan Silalahi, dan Kompol Ardian Rahayudi. Edwar dan Petrus dimutasi menjadi Pamen Polda Metro Jaya. Sementara Ardian dimutasi menjadi Pamen SSDM Polri.

"Iya benar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, saat dimintai konfirmasi soal penarikan anggotanya itu, Rabu (2/6/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Firli Bahuri Ngotot Lantik Jadi ASN KPK

Argo mengatakan ketiga anggota Polri tersebut sudah habis masa tugasnya di KPK. Rotasi juga dilakukan Polri terhadap sejumlah jabatan. "Sudah habis masa tugasnya," ucapnya.

Rotasi Besar-besaran

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi besar-besaran terhadap anak buahnya. Rotasi terhadap perwira tinggi dan perwira menengah tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1129/IV/KEP/2021. Telegram ini atas persetujuan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Asisten Sumber Daya Manusia.

Tercatat, ada 348 pejabat yang dirotasi. Salah satu jabatan yang diisi oleh pejabat baru adalah Koorsahli Kapolri yang dijabat oleh Irjen Martuani Sormin. Irjen Martuani Sormin dimutasikan sebagai pati Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

Baca Juga: Jaringan Masyarakat Sipil Jogja Menolak Pelemahan KPK

Koorsahli Kapolri kini dijabat oleh Irjen Teguh Sarwono, yang sebelumnya menjadi Kapolda Bengkulu. Posisi yang ditinggalkan Irjen Teguh kini diisi oleh Brigjen Guntur Setyanto.

Brigjen Mulyanto, yang sebelumnya menjabat Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri, digeser menjadi Widyaswara Kepolisian Utama. Posisi yang ditinggalkan Brigjen Mulyanto kini dijabat oleh Brigjen Nasri.

Brigjen Asby Mahyuza, yang sebelumnya menjabat Wakapolda NTB, diangkat dalam jabatan baru sebagai Karotekkom Divisi TIK Polri. Posisi yang ditinggalkan oleh Brigjen Asby dijabat oleh Brigjen Ruslan Aspan.

Brigjen Ruslan sebelumnya menjabat Karojianbang Lemdiklat Polri. Jabatan tersebut kini diisi oleh Brigjen Juansih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya