SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 500 warga lanjut usia (lansia) di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten, dijadwalkan disuntik vaksin booster di desa setempat, Senin (24/1/2022) pagi. Vaksinasi booster tersebut menjadi kegiatan perdana di Kecamatan Polanharjo.

Camat Polanharjo, Joko Handoyo, mengatakan vaksinasi booster perdana di wilayahnya dikhususkan bagi warga lansia. Nantinya, vaksinasi booster akan dilakukan di seluruh desa di Kecamatan Polanharjo secara bertahap. Di Kecamatan Polanharjo terdapat 19 desa.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Ya, vaksinasi booster perdana di Kecamatan Polanharjo dilakukan di Desa Kranggan, awal pekan mendatang. Sesuai rencana, vaksinasi dimulai sejak pagi hari,” kata Joko Handoyo, kepada Solopos.com, Sabtu (22/1/2022).

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan, 570 Anggota Polres Klaten Disuntik Vaksin Booster

Joko Handoyo mengatakan vaksinasi booster diperlukan guna membentuk kekebalan tubuh di tengah masyarakat. Hal yang perlu disadari masyarakat bahwa pandemi Covid-19 belum hilang hingga sekarang.

“Semoga, vaksinasi booster ke depan berlangsung lancar,” katanya. Selain menggencarkan vaksinasi, lanjut Joko Handoyo, tim Satgas PP Covid-19 Polanharjo juga terus mengedukasi seluruh elemen masyarakat tentang pentingnya disiplin menaati protokol kesehatan.

5M Ditambah 3M

Hal itu seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. “Saat mengedukasi warga, kami tak hanya menyosialisasikan 5M. Kami tambah 3M lagi, yakni menghindari makan bersama, meningkatkan imunitas, dan memperbanyak doa dan zikir,” katanya.

Baca juga: 1 Sekolah di Klaten Ditutup, Swab Antigen 5 Siswa dan 1 Guru Reaktif

Sebagaimana diketahui, vaksinasi booster sudah mulai digencarkan di Kabupaten Bersinar. Beberapa daerah yang warganya sudah mulai disuntik vaksin booster, seperti di Bolopleret (Kecamatan Juwiring). Di samping itu, anggota Polres Klaten juga sudah disuntik vaksin booster.

“Jumlah anggota Polres Klaten yang disuntik vaksin booster kali ini berkisar 570 orang. Setelah ini, vaksinasi booster bagi masyarakat umum akan terus digencarkan,” kata Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta, saat ditemui wartawan di Mapolres setempat, Rabu (19/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya