[x] close
Lurah dan 2 Staf Terpapar Covid-19, Kantor Kelurahan Delingan Karanganyar Ditutup 10 Hari
Solopos.com|soloraya

Lurah dan 2 Staf Terpapar Covid-19, Kantor Kelurahan Delingan Karanganyar Ditutup 10 Hari

Tiga orang pegawai di kantor Kelurahan Delingan, Karanganyar, terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, kantor kelurahan ditutup sementara.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pelayanan administrasi di kantor Kelurahan Delingan, Kecamatan Karanganyar, ditutup sementara mulai Kamis hingga Minggu (10-20/6/2021). Hal itu terjadi karena tiga orang pegawai di kantor Kelurahan Delingan, Karanganyar, terkonfirmasi positif Covid-19.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Plt Camat Karanganyar, Jamil, membenarkan informasi tersebut. Jamil menyampaikan tiga orang yang terpapar Covid-19 itu adalah Lurah Delingan Karanganyar, Sekretaris Lurah Delingan, dan satu pegawai lain.

“Di sana ada 18 orang. Tiga orang dinyatakan positif Covid-19 dan satu orang suspect. 14 orang lain dinyatakan negatif Covid-19 tetapi akan menjalani tes swab PCR Covid-19 di puskesmas, besok [Jumat]. Tiga orang yang positif itu pak lurah, pak sekretaris lurah, dan satu orang staf,” kata Jamil saat dihubungi Solopos.com, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Lelang Kasus Asabri, Harga Limit Ferrari F12 Berlinetta Rp6 Miliar

Kasus positif Covid-19 di kantor Kelurahan Delingan bermula dari Sekretaris Lurah Delingan mengeluh sakit setelah bepergian. Dia berinisiatif memeriksakan diri ke puskesmas terdekat. Saat itulah didapatkan hasil tes swab PCR Covid-19 adalah positif Covid-19.

“Dia bilang lupa habis pergi kemana. Setelah itu ternyata dia masih ke kantor [Kelurahan Delingan] untuk mengambil berkas dibawa pulang. Nah, tidak tahu dia berinteraksi dengan siapa saja. Awal mula dari situ,” tutur Jamil.

Jamil memastikan kondiri Sekretaris Lurah Delingan sehat. “Awalnya kan periksa ke puskesmas itu karena merasa tidak enak badan. Nah ini tadi saya telepon, dia bilang kondisinya sudah membaik. Alhamdulillah. Mudah-mudahan terus sehat. Mereka menjalani isolasi mandiri di rumah,” ujar dia.

Hari ini, Pemerintah Kecamatan Karanganyar mengambil langkah antisipasi. Jamil menyampaikan sudah melaporkan hal itu kepada Bupati Karanganyar. Jamil meminta izin menutup sementara pelayanan administrasi di kantor Kelurahan Delingan.

“Mulai hari ini sampai tanggal 20 Juni pelayanan administrasi secara daring. Sudah ada pengumuman di kantor kelurahan. Ada nomor handphone yang bisa dihubungi. Hari ini kami juga menghubungi BPBD Kabupaten Karanganyar untuk melakukan penyemprotan dan pengasapan disinfektan. Kami bergerak cepat mengantisipasi persebaran Covid-19,” ungkapnya.

Penyemprotan dan pengasapan disinfektan di lingkungan kantor Kelurahan Delingan akan dilakukan sebanyak tiga kali. “Tiga hari lagi akan diulangi lagi. Begitu terus selama tiga kali. Setelah itu akan kami cek paling tidak H-1 sebelum pelayanan dibuka kembali. Kami tetap berkoordinasi. Untuk staff Kelurahan Delingan yang semula negatif [hasil tes swab antigen] akan kami tes lagi dengan tes swab PCR untuk memastikan,” ujar dia.

Baca Juga: 2 Hari, Sukoharjo Tambah 68 Kasus Covid-19

Selain itu, Jamil menyampaikan petugas puskesmas akan melakukan tes swab PCR kepada dua lurah lain di Kecamatan Karanganyar. Dua lurah tersebut diduga menjadi kontak erat Lurah Delingan.

“Kan petugas langsung melakukan pelacakan. Ada dua lurah lain yang akan dilakukan tes swab PCR Covid-19 hari Sabtu. Menurut cerita, Lurah Delingan ini sempat pergi dengan dua lurah lain ini ke Kota Solo. Beli apa saya kurang tahu. Sementara dilacak dari lurah dulu. Bisa saja berkembang ke staf-nya tetapi melihat hasil dari lurahnya dulu.”



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago