SOLOPOS.COM - Ketua PSSI Mochamad Iriawan berbincang dengan Erlangga Setyo (kanan) sebelum berangkat pemusatan latihan di Turki beberapa waktu lalu. (Istimewa/Dok PSSI)

Solopos.com, SOLO – Dua penggawa Persis Youth yakni penjaga gawang Erlangga Setyo Dwi Saputra dan gelandang tengah Aulia Lubis Ramadhan dipercaya tampil sebagai starter eleven saat Timnas Indonesia mengalahkan Alanyaspor 4-0 di Limax Football Complex, Antalya, Turki, pada Rabu (24/11/2021) malam.

Pertandingan hanya berlangsung selama 50 menit dikarenakan hujan deras yang tidak memungkinkan pertandingan dilanjutkan. Persis Youth masih mengirim seorang penjaga gawang di Timnas U-18 yakni Dimas Maulana. Namun, Dimas tidak masuk dalam daftar susunan pemain pilihan skuat Bima Sakti itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat ini tim pelatih dipimpin oleh Bima Sakti dikarenakan Shin Tae-yong fokus menyiapkan tim senior dalam ajang Piala AFF di Singapura pada Desember mendatang. Seluruh skuad Timnas Indonesia berada di Turki untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Baca Juga: Eks Kiper Juventus Mudik ke Lombok, Isu Naturalisasi Kian Kencang

Dalam jalannya laga uji coba kedua itu, Timnas Indonesia langsung menekan cepat di menit-menit awal. Terbukti penyerang Madura United, Ronaldo Kwateh langsung mencetak gol di menit pertama. Hanya empat menit berselang, duet Ronaldo asal PSM Makasar, Ricky Pratama kembali menambah keunggulan Indonesia dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan.

Tekanan cepat yang dilakukan membuat lini belakang Alanyaspor panik hingga mengakibatkan gol bunuh diri menit ke-11. Tujuh menit kemudian Garuda Muda kembali menambah keunggulan lewat gol kedua Ronaldo Kwateh. Skor 4-0 bertahan hingga turun minum. Baru sepuluh menit jalannya babak kedua, hujan deras dan cuaca dingin membuat dua tim sepakat untuk mengakhiri pertandingan dengan kemenangan Indonesia 4-0.

Dalam unggahan akun Twitter PSSI, Kamis (25/11/2021), Coach Shin Tae-yong, mengapresiasi kerja keras skuat Garuda Muda. Penyelesaian akhir yang bagus membuat skuat Garuda Muda bisa menang telak dari klub Liga Turki itu.

“Para pemain sangat bekerja keras dari sisi performa dan finishing juga sangat baik. Sebenarnya lebih baik sampai akhir babak kedua selesai tetapi karena hujan lebat mau tidak mau pertandingan harus berhenti,” kata dia.

Sementara itu dalam keterangannya, Erlangga Setyo, mengatakan sangat antusias menjalani pemusatan latihan bersama Timnas U-18. Ia berada di bawah pelatih kiper baru timnas, Kim Bong-soo. Menurutnya kemampuan dasar seperti membentuk fisik dan mental menjadi prioritas yang harus ditingkatkan oleh para Garuda Muda.

“Perasaan saya pribadi begitu antusias atas pemanggilan ini, saya cukup senang. Semua orang butuh pengalaman untuk masuk ke Timnas U-18, saya sendiri memanfaatkan waktu yang ada di sini untuk memberikan yang terbaik karena kesempatan tak selalu datang dua kali.”

Baca Juga: Jaga Asa ke Semifinal Liga 3 Jateng, PSISa Siap Tundukkan Persika

Ia menambahkan sangat terkesan terhadap tim pelatih yang kini menangani Timnas Indonesia. Ia merasa Coach Kim sangat ingin membentuk kiper-kiper Indonesia lewat daya juang tinggi. Menurutnya pelatih dari Korea Selatan itu sangat disiplin, tegas, dan terus berusaha meningkatkan performa.

“Saya berharap semoga mendapat kesempatan lagi karena sistem di timnas kan keluar masuk, Sesudah TC ini saya berharap kemampuan meningkat dan menunjukkan kepada tim pelatih di Persis Solo kalau saya mampu bersaing di Liga 2 dan bisa mendapat kesempatan bermain di Liga 2. Saya akan terus optimis dan punya keyakinan tinggi di Persis Solo nanti,” kata kiper 194 cm itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya