SOLOPOS.COM - Ketua Umum Yasarini, Nanny Hadi Tjahjanto (kedua kiri), menyerahkan piagam kepada siswa SMA Pradita Dirgantara saat wisuda, Selasa (4/5/2021).  (Istimewa/Dok. Direktorat Pengembangan Sekolah Pradita Dirgantara)

Solopos.com, KARANGANYAR — SMA Pradita Dirgantara menorehkan prestasi mentereng. Mayoritas siswa lulusan pertama SMA Pradita Dirgantara dinyatakan lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. Ada pula yang diterima di berbagai kampus top luar negeri hingga menjadi calon taruna.

“Mereka ini lulusan pertama SMA Pradita Dirgantara. Sekolah kami berdiri tahun 2018. Ini tahun ketiga kami operasional. Ini membanggakan karena dari total 149 orang siswa SMA Pradita Dirgantara, ada 116 orang siswa yang diterima SBMPTN,” ujar Direktur Direktorat Pengembangan Sekolah Pradita Dirgantara, Dwi Agus Yuliantoro saat berbincang dengan Solopos.com melalui sambungan telepon, Selasa (15/6/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menyebut ada 116 orang alumni SMA Pradita Dirgantara yang diterima di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. Itu setara 82,26% dari 141 orang alumni yang mengikuti tes melalui jalur SBMPTN.

Baca Juga: SMA Unggul Del Toba Samosir Jadi SMA Swasta Terbaik se-Indonesia

Mereka dinyatakan lolos SBMPTN di 25 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (Unbraw), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Malang, dan lain-lain.

Selain melalui jalur SBMPTN, enam lulusan pertama SMA Pradita Dirgantara yang diterima di perguruan tinggi luar negeri. Seperti, University of Chicago di Amerika Serikat, University of Toronto di Kanada, Nanyang Technological University di Singapura, Tokyo International University di Jepang, dan Monash University di Australia.

“Ada alumni SMA Pradita Dirgantara yang juga sedang berjuang mengikuti pendidikan sebagai Calon Taruna/Taruni [Catar] AAU, Catar AAL, peminatan Universitas Pertahanan [Unhan], dan sekolah kedinasan lain,” ungkapnya.

Boarding School

Ketua Umum (Ketum) Yasarini, Nanny Hadi Tjahjanto, memberikan apresiasi kepada lulusan pertama SMA Pradita Dirgantara yang diterima melalui jalur SBMPTN 2021 maupun jalur peminatan lain.

“Saya bangga dengan seluruh alumni SMA Pradita Dirgantara. Perjuangan mereka menunjukkan hasil. Selalu jaga nama baik SMA Pradita Dirgantara dan tetaplah fokus menempuh studi di manapun berada,” ungkapnya.

SMA Pradita Dirgantara berada di Kompleks Bandara Adi Soemarmo Solo, tepatnya Jalan Cendrawasih Nomor 4, Tanjungsari, Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Pada angkatan pertama, sekolah tersebut menerima 149 siswa dari 17 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: 116 Lulusan Pertama SMA Pradita Dirgantara Lolos SBMPTN 2021

Sekolah yang baru berdiri pada 2018 ini dikenal sebagai sekolah unggulan. Pendaftar sekolah ini berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Terdapat sejumlah syarat ketat agar bisa lolos masuk SMA yang berkonsep boarding school (sekolah asrama) ini.

Sekolah ini menerapkan konsep moving class. Sistem ini berupa pembelajaran yang mana setiap guru mata pelajaran sudah siap mengajar di ruang kelas yang telah ditentukan sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Saat pergantian pelajaran bukan guru yang datang ke kelas, namun siswa datang ke kelas guru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya