SOLOPOS.COM - Luis de la Fuente (Twitter @rfef)

Solopos.com, SOLO—Timnas Spanyol memiliki pelatih baru seusai tersingkir dari babak 16 besar Piala Dunia 2022. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menunjuk Luis de la Fuente sebagai nakhoda baru Tim Matador menggantikan Luis Enrique yang dipecat dari jabatannya.

Enrique dicopot dari kursi pelatih Timnas Spanyol pada Kamis (8/12/2022) waktu setempat. RFEF memecat Enrique setelah pelatih berusia 52 tahun gagal meloloskan La Furia Roja ke perempat final karena disingkirkan Maroko 3-0 melalui drama adu penalti  di Educational City Stadium, Selasa (6/12).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“RFEF sudah menunjuk Luis de la Fuente sebagai pelatih timnas yang baru. Direktur Olahraga Jose Francisco Molina yang memilihnya dan akan memberikan laporan kepada Presiden RFEF Luis Rubiales,” demikian pernyataan RFEF dalam laman resminya.

Baca Juga: Skenario Kroasia vs Brasil: Vatreni Tetap Pasang Trisula di Depan

“Molina akan mempresentasikan laporan pengangkatan [Fuente] Senin depan, 12 Desember, kepada dewan direksi RFEF.”

Dilansir dari Transfermarkt, Luis de la Fuente bukan orang baru di sepak bola Spanyol. Sejak 2013, mantan pemain Athletic Bilbao tersebut dipercaya RFEF untuk menukangi skuat Spanyol di berbagai jenjang kelompok umur, mulai U-18, U-19 dan pernah menjadi pelatih sementara Spanyol pada Juni 2021-7 Agustus 2021.

Sementara karier melatih di klub diawali pada 1997 ketika melatih Potugalette, Aurreera (2000), Sevilla Youth (2001), Bilbao U19 (2005) dan Alaves (2011).

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Perempat Final Kroasia vs Brasil: Selecao Pantas Pede

Sejumlah prestasi sudah dipersembahkan Luis de la Fuente, seperti juara Piala Eropa U-19 dan Piala Eropa U-21. Dari tiga pertandingan persahabatan internasional selama musim 2022-2023, Luis de la Fuente juga memenangkan semua laga itu.

Debut Luis de la Fuente membesut Spanyol bakal terjadi pada Maret dalam kualifikasi Euro 2024 melawan Norwegia dan Skotlandia.

 

Profil Luis de la Fuente:

Nama lengkap: Luis de la Fuente Castillo

Tanggal lahir: 21 Jun 1961

Tempat lahir: Haro,  Spanyol

Usia: 61 tahun

Warga negara: Spanyol

Lisensi kepelatihan: UEFA Pro Licence

Formasi: 4-3-3 Menyerang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya