SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menteri Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan vaksinasi Covid-19 di Kota Solo mencapai 75 persen pada Agustus ini.

Hal tersebut Luhut sampaikan saat memantau pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMAN 1 Solo, Kamis 5/8/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kita mau bulan ini Solo sudah 75 persen (vaksinasi). Sekarang kan di Solo baru 69 persen,” ujarnya didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi.

Luhut juga mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi di wilayah Soloraya baru mencapai angka rata-rata 38 persen.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Kepala Daerah Tidak Boleh Baper Ketika Dikritik di Media Sosial

“Jadi tadi sama Pak Menkes kami mau supaya [Solo] lebih 75 persen akhir bulan. Kita harapkan September untuk wilayah aglomerasi Soloraya [75 persen] juga sudah selesai,” imbuhnya.

Luhut memastikan distribusi dan persediaan vaksin tidak ada masalah. Saat ini stok vaksin ada 70 juta dosis untuk Indonesia. “Stok kita 70 juta bulan ini. Jadi vaksinasinya [untuk daerah] enggak main 10.000, 20.000 gitu-gitu,” tegasnya.

Dengan percepatan vaksinasi ini, diharapkan capaiannya semakin meluas. Sehingga perlahan-lahan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) perlahan-lahan akan dilonggarkan.

Baca juga: Kunjungi Solo, Anggota DPR ini Soroti Kesenjangan Capaian Vaksinasi Covid-19 Antardaerah

Namun Luhut mengharuskan capaian vaksinasi sudah sesuai target. Selain itu, ia meminta kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan persebaran Covid-19.

“Perlahan kita buka pelan-pelan tapi kita cermati betul supaya pedagang sudah bisa bergerak tapi harus sudah divaksin dan pakai masker serta jaga jarak,” tambah Luhut.

Menghindari Penumpukan Antrean

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Solo, Harminingsih, mengatakan jumlah peserta vaksinasi pada hari itu sebanyak 500 siswa. Mereka datang secara terjadwal untuk menghindari penumpukan antrean.

“Hari ini ada 500 siswa yang divaksin. Peminatnya sendiri sebenarnya sampai 800-an. Tapi karena kuota hari ini 500, nanti selebihnya menyusul menunggu jatah berikutnya,” ujarnya.

Baca juga: 70.000 Pelajar Kota Solo Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Solo, Siti Wahyiningsih mengatakan, vaksinasi pelajar berikutnya dipusatkan di Sentra Vaksinasi Grha Wisata.

“Selanjutnya vaksinasi pelajar tetap di Grha Wisata. Tapi kalau vaksinnya pas dapat jatah banyak ya di sekolah. Karena di sana dipakai juga untuk vaksinasi masyarakat,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya