SOLOPOS.COM - Kawasan nol kilometer Ibu Kota Negara Nusantara. (Antaranews.com)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut sejumlah investor asing telah menyatakan minatnya untuk investasi di proyek IKN Nusantara, salah satunya adalah Uni Emirat Arab (UEA).

“Kalau ada yang bilang kita pendanaan ngga datang, ngga betul sama sekali, karena Abu Dhabi itu saja kontribusi sekitar US$20 miliar melalui Indonesia Investment Fund,” kata Luhut dalam sambutannya pada acara Perayaan Puncak Dies Natalis ke-60 GAMKI secara virtual, Sabtu (21/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Luhut menjelaskan proses investasi UEA di IKN Nusantara dilakukan secara modern dan terbuka.

“Prosesnya itu dilakukan secara modern, jangan ada yang bilang hidden debt. Tidak ada utang yang kita sembunyikan, gimana menyembunyikan utang. Jadi kadang orang ngawur-ngawur saja itu orang ngomong, giliran saya Whatsapp orangnya itu diam saja,” ujar Luhut.

Terkait regulasi, dia mengungkapkan bahwa UU No.3/2022 tentang IKN telah disahkan.

Baca Juga: Wakil Ketua DPD Minta Proyek IKN Ditunda, Ini Alasannya

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menunjuk kepala dan wakil kepala badan otorita IKN.

Luhut mengungkapkan bahwa tim Badan Otorita IKN sudah lengkap dan mereka sedang konsiyering untuk menyampaikan paparan kepada Presiden Jokowi terkait pembangunan IKN.

“Pembangunan IKN dilakukan bertahap mulai dari kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) 6.671 hektare, dan diharapkan selesai perpindahannya dalam beberapa tahun ke depan, tapi kita berharap kuartal 2/2024 pemerintahan pusat sudah pindah di IKN baru,” ujarnya.

Selain dari UEA, Luhut menyebut sejumlah negara juga berminat investasi di IKN seperti Arab Saudi dan China.

“Waktu bertemu Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman, dia mengatakan Jenderal Luhut kami mau invest besar. Selain itu, Dubai saya sudah singgung tadi [investasi] US$20 miliar. Dubai mau buat konsorsium dengan China,” jelasnya.

Baca Juga: BPJT: 4 Proyek Jalan Tol di IKN Nusantara Jadi Prioritas

Luhut mengatakan pembangunan IKN Nusantara nantinya harus memiliki kualitas terbaik yang tak kalah dengan negara-negara lainnya.

“IKN will be a world class city for all. Sudah banyak yang pihak memberi hormat atas konsep kita membangun ibu kota baru,” ungkapnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Wow! Luhut Sebut UEA Siap Investasi US$20 Miliar di IKN

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya