SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan. (Youtube-Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI)

Solopos.com, JAKARTA—Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan terjadinya penurunan kasus Covid-19 di Jawa dan Bali. Dia menyebut penurunan terjadi setelah 15 Juli.

“Selama satu pekan terakhir, angka kasus harian wilayah Jawa dan Bali sudah menunjukkan tren penurunan,” kata Luhut dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Sejak puncaknya 15 Juli, sampai hari kemarin dan tadi juga saya kira masih penurunan, kita melihat angka itu sudah 50 persen,” tambah Koordinator PPKM ini.

Meski sebagai sesuatu yang positif, Luhut meminta semua pihak berhati-hati, terutama dengan virus corona varian Delta.

Ekspedisi Mudik 2024

Luhut juga memaparkan penyesuaian daerah yang menerapkan PPKM level 4, 3, dan 2. Rincian daerah tersebut akan diumumkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Baca Juga: Prediksi Luhut Terbalik saat PPKM Darurat 

“Dalam penerapan PPKM level 4 dan 3 pada tanggal 3 Agustus nanti terdapat 12 kabupaten/kota yang masuk ke level 3; dan 1 kabupaten masuk ke level 2,” ujarnya.

Luhut mengatakan ada beberapa kabupaten/kota yang juga naik ke level 4 karena terjadinya peningkatan kasus kematian.

“Ada beberapa daerah yang harus mendapat perhatian khusus karena masih tingginya kasus terkonfirmasi, positivity rate, jumlah kematian warganya seperti Bali, Malang Raya, DIY, dan Solo Raya,” katanya.

PPKM Dilanjutkan

Pemerintah memutuskan memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021. Keputusan ini berlaku bagi daerah yang menerapkan PPKM level 4.

“Pemerintah memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus di beberapa kabupaten/kota tertentu,” kata Presiden Joko Widodo seperti disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Jokowi mengatakan PPKM level 4 yang diterapkan pada 26 Juli-2 Agustus 2021 telah membawa perbaikan di skala nasional dibanding sebelumnya.

Perbaikan itu di antaranya terkait turunnya kasus konfirmasi harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, hingga persentase tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya