SOLOPOS.COM - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat melakukan konferensi pers evaluasi PPKM Darurat Jawa-Bali, Sabtu (17/7/2021). Bisnis-zoom meeting)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus Covid-19 berangsur menurun. Kendati demikian Luhut Pandjaitan yang juga koordinator pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat itu meminta warga senantiasa waspada.

Saat konferensi pers virtual, dia mengatakan bahwa mulai terjadi penurunan kasus berdasarkan laporan para gubernur di Jawa dan Bali. Salah satunya di DKI Jakarta dan Jawa Barat, tingkat keterisian rumah sakit mulai menurun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Korsel Melonjak, Kambing Hitamnya Indonesia

Pemerintah pusat bahkan diakuinya mendapat laporan sejumlah kabupaten dan kota wilayah itu mengalami penurunan kasus secara drastis dari situasi level keempat menjadi level kedua. Pun begitu, pihaknya tidak langsung menurunkan level status, melainkan menunggu beberapa hari ke depan.

“Karena sifat daripada virus ini delta varian ini bisa kelihatan dua sampai tiga minggu. Jadi memang sudah waktunya mereka mulai menurun. Tapi kita tetap waspada mengenai hal ini,” katanya, Rabu (21/7/2021) malam.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa pemerintah pusat telah melihat potensi beberapa daerah mengalami penurunan kasus. Para gubernur, bupati dan wali kota kata Luhut Pandjaitan juga telah menyadari kondisi ini dan tetap diminta waspada.

Waspadai Membaiknya Angka

Eksekutif juga akan bertindak hati-hati menyikapi membaiknya angka kasus Covid-19. Luhut Pandjaitan beranggapan jika tidak waspada dan salah langkah, buka tidak mungkin kasus bakal kembali meningkat.

“Namun kita juga ingin hat-hati, sehingga yang nanti baru mulai baik ini jangan jadi memburuk. Mohon kesaraban kita semua karena kita berperang terhadap 1 delta variant yang memang betul-betul sangat ganas ini,” tuturnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya