SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19 lockdown. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo alias Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa-Bali.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Menkomarves Jodi Mahardika kepada awak media, Selasa (29/6/2021) malam. “Betul, Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali,” kata Jodi.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Dia menuturkan bahwa hingga kini pemerintah masih melakukan formulasi tindakan pengetatan yang akan diambil. Jodi menyebut bahwa pengumuman resmi akan disampaikan segera.

Baca Juga: Terima Pegawai KPK Gagal TWK, Begini Respons MUI...

Selain itu, dia menyinggung soal operasional di pusat perbelanjaan seperti mal dan supermarket hingga sektor esensial lainnya. Menurut Jodi, sektor tersebut akan beroperasi dengan jam operasional yang akan dipersingkat serta penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Dimohon agar tidak panik dengan adanya berita yang beredar di grup Whatssapp,” ujarnya.

Dia juga meminta semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat serta mengikuti vaksinasi yang ditawarkan oleh pemerintah. Diberitakan sebelumnya bahwa Pemerintah dikabarkan akan menarik rem darurat dengan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dijadwalkan 2 Pekan

Hal itu dilakukan karena kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Rencana PPKM Darurat ini dibahas dalam rapat terbatas di istana yang dipimpin Presiden Jokowi, Selasa (29/6/2021).

Kebijakan PPKM Darurat yang di Jawa dan Bali dipimpin Luhut Pandjaitan ini rencananya akan diterapkan selama dua pekan ke depan. PPKM Darurat itu akan berlaku di zona merah, salah satunya di Provinsi DKI Jakarta kini yang masih dipimpin Anies Baswedan.

Dengan kebijakan ini, restoran-mal akan ditutup penuh dan perkantoran akan diberlakukan work from home (WFH) 100%. Selain itu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan disebut akan mengambil alih penanganan pandemi Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali.

Baca Juga: Perhimpunan Profesi Hukum Kristiani Soroti TWK KPK

Adapun, untuk wilayah di luar Pulau Jawa dan Bali dikabarkan akan ditangani oleh Menko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto.

Secara garis besar, PPKM Darurat akan melakukan penyesuaian jam operasional pada sektor esensial seperti supermarket hingga mal. Pemerintah akan mempersingkat operasional di sektor tersebut. “Supermarket, mal dan sektor-sektor esensial lainnya akan tetap beroperasi dengan jam operasional yang dipersingkat dan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Selain itu, Jodi meminta masyarakat tidak panik dengan adanya kabar yang berseliweran terkait penerapan PPKM darurat. “Agar semua pihak tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat, vaksinasi bagi yang sehat dan terus waspada,” tuturnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya