SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama putranya, Jan Ethes Srinarendra, naik kuda saat mengikuti kirab Solo Menari 2022 di sepanjang Jl Jenderal Sudirman menuju Balai Kota Solo, Jumat (29/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Ajang Solo Menari 2022 untuk memperingati Hari Tari Dunia di Kota Solo yang berlangsung di lima lokasi ditutup dengan kirab di sepanjang Jl Jenderal Sudirman menuju Balai Kota Solo, Jumat (29/4/2022). Ikut dalam kirab itu ada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang mengajak serta putra sulungnya, Jan Ethes Srinarendra.

Selain itu ada pula KGPAA Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo yang naik kereta kencana terbuka atau tanpa atap. Sedangkan Putra Mahkota Keraton Solo KGPH Purboyo memakai kereta kencana tertutup.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Yang menarik adalah penampilan si kecil Jan Ethes yang menunggang kuda bersama ayahnya, Gibran Rakabuming Raka. Keduanya memimpin rombongan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di The Royal Surakarta Heritage, Solo, sekitar 16.36 WIB.

kirab solo menari 2022
KGPAA Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo naik kereta kencana saat mengikuti kirab Solo Menari 2022 di sepanjang Jl Jenderal Sudirman menuju Balai Kota Solo, Jumat (29/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Dalam kirab rangkaian acara Solo Menari 2022 itu, Gibran memakai pakaian Parikesit saat dewasa sedangkan Ethes memakai pakaian Parikesit waktu kecil. Gibran tak mengenakan alas kaki dan rambutnya gondrong. Ia tampak senyum-senyum ke arah penonton.

Sedangkan Jan Ethes memakai sepatu sneakers. Ia seolah sadar kamera dan berkali-kali melambaikan tangan ke arah lensa maupun penonton yang memadati pinggir Jl Jenderal Sudirman.

Mereka melakukan kirab dikawal 75 prajurit serta 20 pengawal yang merupakan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menuju halaman Balai Kota Solo.

Baca Juga: Digelar di 5 Tempat, Solo Menari 2022 Lebih Meriah

Formasi kirab diawali voorijder, komandan prajurit keraton, drumben prajurit Keraton Solo, tamtomo vandel, prawiro anom, jayeng astro. Selanjutnya Sandi, Gibran, Ethes, lalu Bhre, dan Purboyo.

Kirab itu merupakan bagian dari rangkaian Solo Menari 2022 yang mengusung tema Gatra Manggala Muda. Maknanya para pemimpin muda membangun kota. Sebelumnya, ada lima lokasi pentas tari yang mengisahkan kelahiran Parikesit sampai dinobatkan sebagai raja muda Kerajaan Hastinapura.

kirab solo menari 2022
KGPH Purboyo naik kereta kencana saat mengikuti kirab Solo Menari 2022 di sepanjang Jl Jenderal Sudirman menuju Balai Kota Solo, Jumat (29/4/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Ada pun pentas tari di halaman Balai Kota Solo menjadi puncak pentas yang mengisahkan keyakinan keluarga serta masyarakat terhadap sang raja muda. Parikesit merupakan putra pasangan Abimanyu dengan Dewi Utari.

Baca Juga: Wah, Bhre MN X & Pangeran Purboyo Ikut Meriahkan Solo Menari 2022 Besok

Sosoknya yang masih muda namun sudah berkuasa sesuai dengan tema Gatra Manggala Muda. Tiga pemimpin Kota Solo, yakni Gibran, Bhre, dan Purboyo juga merupakan sosok muda. Pentas tari yang ditampilkan menggambarkan visi dan misi menyatukan pemikiran untuk membangun bangsa dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya