SOLOPOS.COM - Kantor OJK Jawa Tengah yang dibangun di bekas Istana Gergaji milik pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di Semarang. (Semarangpos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Istana milik pengusaha terkaya se-Asia Tenggara zaman kolonial Belanda, Oei Tiong Ham, berdiri megah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kini, istana seluas 81 hektare itu berubah menjadi area perkantoran.

Lokasinya berada di Jl Kiai Saleh No 12-14, Mugasari, Semarang. Bangunan itu kini berubah fungsi menjadi Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Tengah. Dulunya kompleks istana tersebut membentang di sepanjang Jalan Pahlawan hingga Pandanaran dan Randusari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Ini Wujud 2 Istana Pengusaha Terkaya Asia Tenggara di Semarang

Ekspedisi Mudik 2024

Bangunan istana pengusaha terkaya pertama se-Asia Tenggara di Semarang ini terdiri dari satu rumah induk, dua rumah berukuran lebih kecil di kiri kanan gedung utama yang dihubungkan dengan satu lorong beratap untuk menghindari panas dan hujan, yang biasa disebut Pavillion.

Sementara itu, di belakang bangunan utama istana milik taipan yang dijuluki Raja Gula Asia ini terdapat beberapa bangunan rumah yang mengelilingi kolam. Sekarang istana ini hanya menyisakan sebuah bangunan yang disebut Balekambang atau dikenal sebagai gedung gula.

Oei Tiong Ham melapisi lantai pada istana tersebut dengan marmer dari Italia. Karakter China hanya ada di gerbang pelataran gedung.

Baca juga: Ini Hlo Isi Brankas Milik Pengusaha Terkaya Asia di Semarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya