SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi/Topnews

JAKARTA–Terlalu banyak kopi memang tidak baik, tapi penelitian terkini juga menemukan bahwa meminum kopi dapat memperpanjang hidup.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Dalam studi yang dilakukan kepada 400.000 orang usia 50-71 tahun, semakin banyak kopi yang diminum maka semakin kecil kemungkinan meninggal akibat beberapa penyakit.

Penyakit itu diantaranya serangan jantung, penyakit pernapasan, stroke, diabetes, hingga kanker. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan dipublikasikan di The New England Journal of Medicinejuga menyebutkan para peminum kopi tampak lebih menikmati kesehatan yang baik.

Sementara penelitian di Institut Kanker Nasional, Maryland, tidak mengatakan bahwa kopi bisa merendahkan risiko kematian, tapi mereka menemukan hubungannya. Dalam penelitian yang dilakukan mereka membagi partisipan ke dalam kelompok peminum kopi hingga enam cangkir sehari dan kelompok yang sama sekali tidak minum kopi.

Hubungan tersebut menurut para ahli karena bahan-bahan terkandung dalam kopi bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan dan magnesium diduga memiliki peran penting dalam mengurangi kemungkinan kematian akibat penyakit.

Dr Euan Paul, Direktur Eksekutif Asosiasi Kopi Inggris, bahkan mengungkapkan penelitian itu merupakan bukti tentang konsumsi aman kopi setiap harinya, yaitu 4-5 cangkir kopi. (Daily Mail/aw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya