SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Rachman/JIBI/Bisnis)

LSI Denny JA menyebut 5 parpol berpotensi terpental dari DPR atau tidak mampu melampaui parliamentary treshold.

Solopos.com, JAKARTA — Lima partai politik penghuni Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terancam tidak mampu melewati ambang batas masuk parlemen pada Pemilihan Legislatif 2019 lantaran saat ini memiliki elektabilitas di bawah 4%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka adalah Partai Nasdem dengan tingkat keterpilihan 4,2% disusul Partai Keadilan Sejahtera (3,8%), Partai Persatuan Pembangunan (3,5%), Partai Amanat Nasional (2,0%), dan Partai Hanura (0,7%).

Ekspedisi Mudik 2024

Data itu merupakan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) atau LSI Denny JA pada 7-14 Januari 2018. Kendati Nasdem memiliki suara di atas parliamentary threshold (PT) 4%, partai itu tetap terancam karena suaranya berada di dekat marjin kesalahan survei +/- 2,9%.

Lima parpol itu senasib dengan parpol lama non-parlemen yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), serta partai politik baru seperti Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Untuk kategori parpol baru, Perindo memiliki tingkat elektabilitas sebesar 3,0%.

“Partai baru dan papan bawah paling berat lolos PT, kecuali kalau mereka memiliki program dan magnet tokoh yang diasosiasikan dengan partai itu,” ujar Peneliti LSI Rully Akbar dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Rully mencontohkan Perindo berhasil mendongkrak suara lewat figur Hary Tanoesoedibjo. Di samping gencar bersosialisasi melalui televisi, partai itu juga menawarkan program langsung dengan cara turun ke lapangan.

Magnet tokoh terbukti berhasil dimanfaatkan jajaran partai menengah, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat. PKB mengandalkan sosok Muhaimin Iskandar, sedangkan Demokrat menawarkan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. “Demokrat tidak lagi mengandalkan figur Susilo Bambang Yudhoyono karena sekarang ada putera pertamanya, AHY,” kata Rully.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya