SOLOPOS.COM - Warga binaan mengolah sampah organik sebagai pakan maggot, Selasa (2/8/2022). Selain di LP Kelas II B Klaten, sampah organik juga didatangkan dari sejumlah pasar tradisional di perkotaan. (Istimewa/LP Kelas II B Klaten)

Solopos.com, KLATENWarga binaan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten berburu sampah organik ke sejumlah pasar tradisional di kawasan perkotaan. Sampah organik itu dimanfaatkan sebagai pakan maggot.

Kepala LP Kelas II B Klaten, Ahmad Fauzi, mengatakan di antara warga binaan telah dilatih membuat pakan maggot dengan cara memanfaatkan sampah organik dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu menjadi salah satu sarana pelatihan edukasi di LP setempat. Pelatihan budi daya maggot dan pembuatan pakan maggot menggandeng pihak ketiga.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Seiring berjalannya waktu, pemanfaatan sampah organik sebagai pakan maggot semakin berkembang. Hingga akhirnya, warga binaan di LP Kelas II B Klaten kekurangan stok sampah organik.

Ekspedisi Mudik 2024

“LP Kelas II B Klaten kini mendatangkan sampah organik yang dihasilkan dari luar, yaitu diambil dari sampah di pasar tradisional di sekitar LP, seperti Pasar Srago, Pasar Gede, dan Pasar Ngepos,” kata Ahmad Fauzi, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa (2/8/2022).

Ahmad Fauzi mengatakan pelatihan pembuatan pakan maggot sebagai tindak lanjut pelatihan budi daya maggot di waktu sebelumnya. Keberadaan maggot diperuntukkan mendukung pakan ternak dalam pelatihan kemandirian warga binaan, seperti ikan lele, bebek, kalkun, dan ayam.

Baca Juga: Ini Persyaratan Detail Pengisian Perangkat Desa di Klaten

“LP Kelas II B Klaten membutuhkan banyak bahan sampah organik untuk pembuatan pakan maggot. Volume sampah yang dihasilkan di LP tidak cukup makanya kami perlu mendatangkan dari luar [pasar tradisional],” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya