SOLOPOS.COM - Para pembicara dalam “Sosialisasi Peluang Bekerja Bagi WNI Pada Organisasi Internasional”, acara ini diselenggarakan oleh Prodi HI UMY bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri RI. (JIBI/Harian Jogja/dok. Humas UMY)

Lowongan kerja di organisasi internasional terbuka untuk WNI.

Harianjogja.com, JOGJA-Indonesia tercatat memiliki kerja sama dengan 200 organisasi internasional (OI). Hubungan ini memberikan peluang bagi warga negara Indonesia (WNI) bekerja di organisasi tersebut. Kesempatan terbuka luas bagi mahasiswa yang ingin magang atau fresh graduate.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“WNI memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat bekerja di organisasi-organisasi internasional salah satunya bagi mahasiswa maupun fresh graduate, yang terpenting memiliki daya saing yang tinggi, melek teknologi, memiliki kompetensi, dan pastinya menguasai bahasa Inggris dan bahasa PBB lainnya,” ungkap Rina P Soemarno selaku Sekertaris Direktoral Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri RI (Sesditjen Multilateral) seperti dikutip dalam rilis acara “Sosialisasi Peluang Bekerja Bagi WNI Pada Organisasi Internasional” yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI bekerjasama dengan Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Jumat (29/4/2016) bertempat di Ruang Drupadi Lantai 1 Hotel Neo + Awana.

Rina menegaskan peluang itu tidak hanya diperuntukan mahasiswa berlatar belakang studi Hubungan Internasional.

Saat ini, kata dia,  WNI yang turut bergabung di OI jumlahnya relatif masih kecil, jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya, khususnya negara di Asia.

“Banyak hal yang menyebabkan kecilnya WNI yang turut bergabung di organisasi internasional, pertama yaitu minimnya informasi terkait peluang bekerja tersebut, kedua masih rendahnya keberanian WNI untuk dapat beradaptasi dan tinggal di negara lain, dan terakhir masih rendahnya kemauan dan keberanian bersaing WNI untuk dapat bekerja di organisasi internasional, diharapkan melalui acara sosialisasi ini dapat para WNI bisa meningkat kemauan dan keberaniannya untuk bekerja di organisasi internasional,” tambahnya.

Pekerjaan di OI disebutnya beragam. Misal menjalankan fungsi khusus, mendukung kegiatan dan program kerja, berkoordinasi dengan negara-negara anggota dan memberikan data dan informasi yang diperlukan oleh negara anggota OI.

“Ketika kita telah bekerja di OI, kita pastinya telah mewakili organisasi tersebut, sehingga keutamaan dari pekerjaan yang kita lakukan yaitu terfokuskan kepada menjalankan peran dan fungsi organisasi bagi masyarakat maupun organisasi lainnya,” ungkap Rina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya