SOLOPOS.COM - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (JIBI/Solopos/Antara)

Lowongan CPNS nanti diusulkan ada jatah posisi untuk penyandang disabilitas.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Sosial siap untuk meminta dibuka kembali peluang bagi penyandang disabilitas sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Saya beberapa kali menyampaikan tolong sumber daya manusianya disiapkan, kalau SDM siap, Kemensos akan meminta kembali slot ke Menpan jatah untuk penyandang disabilitas,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (5/6/2015).

Mensos saat membuka Kompetisi Teknologi Informasi untuk Kalangan Remaja Disabilitas 2015 di Pusat Teknologi Informasi Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan pada 2014 dibuka formasi CPNS untuk penyandang disabilitas sebanyak 300 formasi, tapi hanya 105 yang memenuhi syarat.

Kemudian dari jumlah tersebut hanya 31 yang lolos tes CPNS. “Ini realitasnya, kita minta dibuka kembali kalau sudah ada peminatnya,” tambah Mensos.

Data Susenas 2012 menunjukkan ada sebanyak 6.640.000 penyandang disabilitas di seluruh Indonesia tapi kurang dari lima persen yang menyelesaikan pendidikan dasar.

“Maka kita bisa bayangkan berapa banyak penyandang disabilitas kalau masuk pasar kerja mereka dalam posisi tidak punya keahlian,” tambah dia.

Untuk itu Kemensos tengah mengajukan Perpres pengarusutamaan penyandang disabilitas dalam pembangunan.

Bahkan saat ini RUU penyandang disabilitas sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2015 dan akan segera dibahas oleh DPR.

“Jika dijadikan pengarusutamaan dalam pembangunan, maka akan ada gerakan sinergi antara seluruh elemen terutama pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya