Lowongan CPNS 2023 akan Dibuka, Para Pencari Kerja Merapat!

Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) disebut-sebut akan dibuka kembali oleh pemerintah pada 2023 mendatang.

Jumat, 2 Desember 2022 - 18:38 WIB Penulis: Anik Sulistyawati Ayuningtyas Primadini Editor: Anik Sulistyawati | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Lowongan CPNS (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO – Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) disebut-sebut akan dibuka kembali oleh pemerintah pada 2023 mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, saat ini tengah menyusun pengadaan ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk tahun 2023.

ASN seperti diketahui terdiri dari Pegawai Negeri Sipil atau PNS dan PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Dia menjelaskan, pada pengadaan PNS tahun depan, sektor pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas, atau porsi untuk tenaga guru dan kesehatan bakal lebih dominan.

“Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas, dan kita bahas hari ini bersama Pak Nadiem Makarim dan Pak Budi Gunadi Sadikin. Tentu sektor lain juga kita siapkan formasinya,” ujar Anas dalam pernyataan tertulisnya seperti dikutip dari idxchannel, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: RS UNS Buka Layanan Patologi Forensik

Anas meminta instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mengusulkan kebutuhan ASN di 2023. Penyampaian kebutuhan ASN tersebut, tentunya dilakukan dengan mempertimbangkan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

“Mari kita data bersama terkait dengan kebutuhan dan jumlah ASN yang mendesak yang perlu segara kita penuhi,” lanjutnya.

Senada dengan Anas, terkait Lowongan CPNS 2023 ini Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemenuhan tenaga kesehatan di daerah harus diikuti oleh komitmen pemda untuk mengajukan formasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Budi mengakui, saat ini masih banyak pemerintah daerah yang enggan untuk mengajukan formasi nakes karena alasan anggaran.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan telah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk mencari solusi terkait alokasi spesifik untuk pembayaran gaji PPPK dan program-program kesehatan yang dibuat oleh pemerintah pusat sesuai dengan arahan Presiden.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu agar Terhindar dari Penipuan

Beberapa waktu itu, terkait Lowongan CPNS akan dilaksanakan pada 2023 mendatang juga disinggung Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan Sumber Daya Manusia Aparatur (Kemenpan-RB) Aba Subagja.

Dalam sesi tanya jawab di sebuah rapat koordinasi yang digelar oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan Kemenpan-RB, Aba menanggapi pertanyaan terkait proses rekrutmen CPNS.

Aba Subagja menyebut bahwa pendaftaran CPNS diperkirakan akan dilaksanakan di tahun depan, dan dibuka untuk merekrut beberapa jabatan-jabatan yang sedang dibutuhkan. Namun, dia tidak menuturkan secara rinci kapan waktu tepatnya proses rekrutmen itu akan dibuka.

Baca Juga: Pemkab Klaten Buka Lowongan 8 Jabatan Eselon II, Terbuka untuk ASN di Jateng

“Kemudian perekrutan CPNS, Insya Allah tahun depan (2023), kami juga akan mengalokasikan dan berencana untuk merekrut jabatan ASN tertentu yang memang akan sangat dibutuhkan,” ungkap Subagja, dikutip dari siaran Youtube Apkasi pada Rabu (2/11/2022) seperti dilansir Bisnis.

Lebih lanjut, dia mengatakan formasi posisi yang akan dibuka dalam perekrutan CPNS 2023 di antaranya adalah agen, hakim, dan jaksa.

“Di sistem karier PNS, kami butuh agen yang memang harus PNS. Kami membutuhkan hakim yang PNS, jaksa dan sebagainya. Kemudian juga tenaga-tenaga lain, barangkali yang harus kita lihat,” ungkapnya.

Itulah ulasan terkait lowongan CPNS  yang rencananya akan dibuka pada 2023 mendatang.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif