SOLOPOS.COM - Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Lowongan CPNS tahun ini diproritaskan untuk tenaga eksehatan dan pendidikan.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah akan memprioritaskan perekrutan pegawai bidang kesehatan dan pendidikan sepanjang tahun 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan dari alokasi anggaran yang tersedia, pemerintah di tingkat pusat dimungkinkan merekrut 71.000 pegawai pada 2016.

Namun, kuota itu tidak akan digunakan sepenuhnya, lantaran adanya moratorium pengangkatan PNS.

“Kita mengutamakan rekrutmen pegawai untuk memenuhi program prioritas pembangunan nasional seperti di bidang pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan serta yang dapat mendukung infrastruktur, kemaritiman dan ketahanan pangan,” jelas Yuddy di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Dia mengatakan prioritas perekrutan dilakukan terhadap tenaga dokter, bidan, guru di daerah terluar Indonesia. Termasuk juga untuk menambah pegawai dari sekolah kedinasan dan aparat penegak hukum.

“Tapi untuk aparat penegak hukum diperkirakan hanya 10 persen dari total rekutmen tahun ini,” kata dia.

Di sisi lain pemerintah saat ini juga tengah melakukan rasionalisasi jumlah pegawai negeri sipil, yakni dengan menghitung ulang kuantitas dan kualitas PNS saat ini.

Dengan kebijakan itu, lanjut Menteri Yuddy, akan ada pengurangan jumlah PNS yang tidak berkualitas demi mendongkrak efisiensi belanja pegawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya