SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menegaskan pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini gratis.

Pelamar dapat dengan leluasa mencari lowongan CPNS 2014 tanpa harus berpikir mengeluarkan biaya sepeser pun.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Laman resmi panitia seleksi nasional (Panselnas) perekrutan CPNS 2014 seperti dikutip Solopos.com, Jumat (15/8/2014), kembali menegaskan untuk setiap tahap seleksi CPNS tidak dipungut biaya apa pun. Ini berlaku sejak pendaftaran hingga pengumuman hasil akhir.

Pengumuman ini sekaligus mengimbau peserta seleksi untuk tidak buru-buru menerima informasi dari beberapa sumber yang meminta imbalan.

Ekspedisi Mudik 2024

Pasalnya nanti setiap tahap penerimaan CPNS dilakukan terpusat melalui panselnas.menpan.go.id dan sccn.bkn.go.id.

Penerimaan CPNS 2014 akan jadi awal digitalisasi birokrasi. Pada tahap awal pendaftaran peserta diminta untuk beraktivitas menggunakan jaringan internet.

Panitia mensyaratkan kepemilikan e-mail hingga pemberlakuan pemusatan pengumuman melalui situs yang tersedia.

Panselnas CPNS mengimbau peserta untuk mempersiapkan segala sesuatu tentang persyaratan yang menyangkut pendaftaran CPNS.

Berbeda dengan tahun lalu, seleksi CPNS tahun ini lebih mudah karena pendaftaran dengan sistem online yaitu mengakses panselnas.menpan.go.id untuk semua lulusan baik SMA, D3, S1.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (1/8/2014), penerimaan CPNS akan mengalami penyederhanaan. Penerimaan CPNS tidak ada syarat mencantumkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), kartu kuning dan sirat keterangan sehat seperti tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini bertujuan untuk merampingkan prosedural penerimaan pegawai sehinga lebih simpel. Dokumen-dokumen tersebut nantinya akan diminta setelah calon pegawai tersebut dinyatakan lulus berbagai ujian.

Dari laman demo, panselnas.menpan.go.id terdapat sejumlah syarat yang perlu diperhatikan. Diantaranya seleksi hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di Portal ini dimana pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik yang berlaku.

“Seleksi Penerimaan CPNS 2014 secara Nasional dilaksankan dengan ujian/test menggunakan C.A.T. (Computer Assisted Test). Info dapat dibaca di Situs Web Kemenpan & RB (http://www.menpan.go.id/berita-terkini/1513),” tulis laman itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya