SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Lowongan CPNS 2014 segera diumumkan panitia seleksi nasional (Panselnas). Sejumlah instansi negara jadi incaran. Namun, tahukah Anda instansi mana saja yang punya PNS dengan gaji tertinggi?

Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) jelas punya gaji paling besar di antara PNS di instansi lainnya. Ini sesuai dengan anggapan masyarakat yang mengasosiasikan lembaga ini dengan PNS gaji tertinggi. (Baca Juga: Hore! Kemenkeu Bakal Rekrut 9.000 CPNS)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Herman Suryatman, gaji pokok PNS Kemenkeu pada dasarnya sama dengan PNS lain. Yang membedakan ialah besaran tunjangan yang didapat.

Dia menjelaskan, berdasarkan peraturan Kemenkeu No.289/KMK.01/02007, PNS Kemenkeu mendapatkan tunjangan khusus pembinaan keuangan negara (TKPKN). TKPKN paling besar didapat tingkat Eselon I atau golongan IV/e yaitu Rp 46,95 juta. Sedangkan terendah senilai Rp 1,3 juta untuk golongan I/a.

“Kalau S1 kan golongan III/a, di TKPKNn-ya sekitar Rp 3-10 juta,” kata Herman seperti dikutip dari Detik, Rabu (6/8/2014).

Selain itu, Herman menjelaskan, berdasarkan Kepmen Keuangan Nomor 164/KMK.03/2007 pegawai pajak Kementerian Keuangan mendapatkan tambahan Tunjangan Kegiatan Tambahan (TKT).

“Saya lupa golongan-golongannya. Tapi kalau terbesarnya Rp 20 juta, terendahnya Rp 2,6 jut. Dia juga punya tunjangan Imbalan Prestasi Kinerja (IPK) sekitar Rp 1,5 juta,” imbuhnya.

Selain Kemenkeu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Mahkamah Agung (MA) jadi dua instansi dengan PNS bergaji terbesar selanjutnya.

Alasan BPK menggaji PNS-nya tinggi adalah karena reformasi birokrasinya sudah mencapai 100%. Selain itu, ada tunjangan yang disebut Tunjangan Khusus Pembinaan Kegiatan (TKPK) yang didapat PNS BPK.

“Untuk tunjangannya yang saya ingat ada Tunjangan Khusus Pembinaan Kegiatan (TKPK) terbesarnya Rp 35,21 juta, terendahnya Rp 1,23 juta,” kata Herman.

Sedangkan untuk MA, belum ada informasi lebih lanjut mengenai besaran gaji dan tunjangan yang didapat. Herman mengatakan MA telah mencapai reformasi birokrasi seperti BPK dan Kemenkeu sehingga PNS-nya punya gaji yang cukup tinggi.

“Kalau MA saya belum baca. Tapi capaian reformasi birokrasinya itu sudah 100% juga seperti BPK dan Kemenkeu,” tambahnya.
Ketiga instansi itu yakni Kemenkeu, BPK dan MA menjadi pilot project reformasi birokrasi yang diprogramkan pemerintah.

“Makanya 3 lembaga ini jadi pilot project reformasi birokrasi lembaga 2010-2014,” tutupnya.

Sayangnya diantara ketiga instansi ini, hanya Kemenkeu yang membuka formasi jabatan CPNS 2014. BPK dan MA dalam pengumuman yang dirilis di Menpad.go.id (Baca: Total 71 Instansi Buka Seleksi CPNS 2014, Simak Daftarnya) tak terdaftar jadi salah satu yang mendapatkan jatah formasi jabatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya