SOLOPOS.COM - Lontong Kikil dengan aneka jeroan sapi (Instagram/@jogjainfo)

Solopos.com, SLEMAN — Jika biasanya lontong dipadukan untuk makanan-makanan seperti satai, gado-gado atau makanan berkuah, seperti opor ayam. Di Yogyakarta, ada warung yang menyuguhkan sajian lontong kuah dengan aneka jeroan sapi.

Mengutip dari laman Instagram @jogjainfo, Senin (23/8/2021), sajian ini dikenal dengan Lontong Kikil Pak Yanto. Lokasi warungnya berada di area Seturan, Depok, Kabupaten Sleman dan Yanto, penjual lontong kikil ini berjualan di rumah kontrakannya. Berdasarkan informasi yang ada, Yanto ini baru sepekan memulai dagangannya namun sudah berhasil menarik pelanggan dari berbagai penjuru di Yogyakarta dan terlihat dari unggahan video, banyak pembeli yang antri untuk menikmati sajian lontong dengan aneka jeroan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Porsi yang dimiliki sangat besar dan harganya dibanderol Rp25.000 dan meskipun diberi nama lontong kikil, tapi isian jeroannya beragam. Satu porsi lontong kikil sendiri terdiri atas lontong, kikil, babat, paru, iso, lidah, kuping, hidung, otak-otak, kaki dan beberapa jeroan lainnya. Karena terdiri dari banyak jeroan, isian satu porsi lontong kikil dalam mangkok ini sampai mau tumpah.

Baca Juga : Meski Jauh, Olahan Itik di Warung Ini Bikin Orang Ketagihan

Kuahnya memiliki tekstur yang bening dan memilki rasa yang sedap dengan rasa kaldu kuat. Meskipun isinya adalah jeroan sapi, tapi aroma amisnya tidak ada sama sekali. Dalam berjualan, Yanto dibantu oleh satu karyawan yang khusus membersihkan jeroan sehingga tidak ada rasa amis. Karena isiannya hanya jeoran, jadi yang ingin datang menyantap dipastikan adalah pencinta jeroan.

Warung ini buka dari jam 10.00 WIB hingga 20.00 WIB dan sudah ada di Google Map sehingga bagi pencinta jeroan bisa dengan mudah mencari lokasinya atau bagi yang sedang tidak bisa keluar rumah atau keluar kamar indekos, bisa juga dipesan lewat aplikasi perpesanan makanan instan.

Meskipun dicap sebagai makanan tidak sehat, namun sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi jeroan sapi selama dalam porsi atau batasannya. Mengutip dari beberapa sumber kesehatan, jeran sapi memiliki beberapa manfaat, seperti babat yang ternyata kaya akan vitamin dan mineral yang baik menjaga stamina. Selain itu babat juga mengandung gelatin yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Baca Juga : Menikmati Kuliner Dengan Suasana Bahari di Floating Resto Jogja

Kemudian ada usus sapi yang mengandung banyak kalsium yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tulang. Sedangkan kikil mengandung selenium atau semacam mineral yang berguna untuk mengaktifkan  enzim antioksidan dalam tubuh. Lalu ada otak sapi yang setiap 1 gramnya mengandung DHA sehingga baik untuk kesehatan otak. Otak sapi juga mengadung selenium dan tembaga yang memelihara jaringan tubuh agar tetap sehat dan mencegah potensi kerusakan akibat radikal bebas.

Namun, meski memiliki khasiat yang baik, konsumsi jeroan sapi yang berlebihan juga tidak baik. Apalagi jika seseorang memiliki komorbid penyakit kolesterol. Sehingga konsumsi jeroan sapi harus dibatasi sesuai porsinya atau kalau bisa tidak mengkonsumsi sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya