Lonjakan Covid-19, PMI Jateng Terjunkan 8 Unit Gunner ke Zona Merah

PMI Pusat mengirimkan bantuan berupa lima bantuan mobil gunner ke PMI Jateng. Total ada delapan mobil gunner yang dikerahkan untuk penyemprotan disinfektan di zona merah.
Lonjakan Covid-19, PMI Jateng Terjunkan 8 Unit Gunner ke Zona Merah
SOLOPOS.COM - Delapan mobil gunner bantuan PMI Pusat dikerahkan untuk penyemprotan disinfektan di wilayah zona merah. (istimewa)

Solopos.com, BREBES – Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah (Jateng) menerjunkan 8 unit mobil gunner guna membantu pemerintah daerah dalam mengantisipasi persebaran virus corona atau Covid-19.

Mobil gunner ini berfungsi untuk menyemprot disinfektan di sejumlah tempat guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Dari 8 mobil yang diterjunkan PMI Jateng, lima di antaranya merupakan bantuan PMI pusat. Bantuan itu diberikan langsung Ketua PMI, Jusuf Kalla (JK), saat berkunjung ke Markas PMI Kabupaten Brebes, Kamis (10/6/2021).

Jusuf Kalla mengatakan selain memberikan bantuan mobil gunner, pihaknya juga menyiagakan personel. Ia juga mengirimkan logistik berupa masker dan alat pelindung diri (APD) ke wilayah yang masuk kategori zona merah.

Baca Juga: Rebana Jadi Produk UMKM Ikonik Kabupaten Demak

“Dalam rapat koordinasi, para kepala markas, khususnya yang di Jateng, sudah kami instruksikan untuk penguatan operasi. Kami juga di markas pusat akan menyediakan logistik yang diperlukan,” terang mantan Wakil Presiden RI itu dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis malam.

Sejauh ini, dukungan logistik yang telah dikirim di antaranya masker medis, masker kain, alat penyemprot disinfektan, baju hazmat, sarung tangan, serta kaporit.

PMI Siagakan Personel

Sekjen PMI, Sudirman Said, menambahkan sejumlah kepala markas PMI telah diinstruksikan untuk menyiagakan jajarannya di posko-posko PPKM mikro. Mereka diminta aktif melakukan sosialisasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat serta membagikan perlengkapan perlindungan diri.

“Bukan hanya di Jateng, tapi juga daerah lain yang berpotensi mengalami lonjakan kasus. Kita harus antisipasi lebih dini lonjakan kasus,” ujar Sudirman.

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes, Narjo, menyampaikan rasa terima kasih kepada PMI pusat dan PMI Jateng yang konsisten membantu masyarakat.

“Terima kasih atas bantuan armada gunner dari PMI pusat. Brebes saat ini masuk zona merah, sehingga perlu intensif untuk melakukan pencegahan. Apalagi penduduk Brebes mencapai 2 juta jiwa,” tuturnya.

Ketua PMI Jateng, Sarwa Pramana, mengatakan saat ini ada 8 unit mobil gunner PMI yang dikirim ke berbagai daerah di Jateng yang masuk kategori zona merah Covid-19. Selain mobil gunner, PMI Jateng juga menerjunkan 17 unit mobil spraying dan 22 unit kendaraan roda tiga bantuan dari PMI pusat.

“Saat ini gunner PMI kita prioritaskan di wilayah zona merah. Untuk operasional kami bekerja sama dengan pemerintah setempat,” terang mantan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Jateng itu.

Kedelapan mobil gunner ini masing-masing dioperasikan di Rembang, Kudus, Grobogan, Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, Demak, dan Pati.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago