[ X ] CLOSE

Longsor Timpa Rumah Warga di Banjarnegara, Bocah Usia 3 Tahun Meninggal

Bencana tanah longsor melanda permukiman di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), menyebabkan seorang bocah berusia 3 tahun meninggal dunia.
Longsor Timpa Rumah Warga di Banjarnegara, Bocah Usia 3 Tahun Meninggal
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Longsor (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Bencana tanah longsor menerjang permukiman warga di Desa Mlayan, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (21/10/2021). Akibat bencana itu seorang bocah berusia tiga tahun meninggal dunia.

Dikutip dari Suara.com, bencana tanah longsor itu terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Banjarnegara dalam beberapa hari terakhir.

Akibat hujan yang turun terus menerus, tebung setinggi 4 meter dan panjang 6 meter di Desa Mlayan pun mengalami longsor pada Kamis sekitar pukul 15.30 WIB.

Material tanah longsor itu pun menimpa rumah warga di Dusun Sidakarya RT 006/RW 003, Desa Mlayan. Saat kejadian itu, seorang warga bernama Afiyati, 23, dan adiknya, Gilang Angga Saputra, 3, tengah terlelap.

Baca juga: Rumah di Banjarnegara Dirusak Tanah Longsor

Material longsor itu pun menimpa Afiyati dan adiknya yang masih berusia 3 tahun. Afiyati mengalami luka ringan pada lengan dan sempat dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat. Sedangkan adiknya, bocah berusia 3 tahun meninggal dunia di akibat tertimbun material tanah longsor.

Warga dan petugas SAR akhirnya melakukan evakuasi terhadap bocah berusia 3 tahun yang tertimbun longsor itu. Proses evakuasi tuntas sekitar pukul 16.00 WIB, dan korban pun langsung dimakamkan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara, Andri Sulistyo, mengatakanpihaknya sempat mengalami kendala saat menuju lokasi kejadian karena tanah longsor juga terjadi di sejumlah lokasi.

“Akses jalan menuju lokasi sangat sulit dan banyak longsoran di sepanjang jalan menuju lokasi, ” ungkap dia.

Baca juga: Punya Wilayah Rawan Longsor, Musuk Dijadikan Desa Tangguh Bencana

Selain itu, aliran listrik di sekitar tempat kejadian perkara juga mengalami pemadaman. “Listrik juga padam dari jam 13.30 WIB sampai saat ini,” imbuhnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan berhati hati ketika hujan lebat. “Terutama bagi yang tinggal di daerah rawan longsor untuk segera mengungsi ke temat yang lebih aman untuk berjaga jaga, ” Jelas dia.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago