SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Dapur Umum (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto )

Foto Ilustrasi Dapur Umum
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

GUNUNGKIDUL-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul membangun dapur umum untuk warga bencana tanah longsor selama 4 hari ke depan.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Kepala BPBD Gunungkidul Budi Harjo mengatakan, pihaknya sudah membuat dapur umum sebagai pusat logistik warga pengungsian. “Dapur umum kita buka 4 hari” katanya, Jumat (14/6/2013) kepada Harianjogja.com.

Selain dapur umum pusat di sekitar pengusngsian masjid setempat, satu dapur umum mini juga dipungsikan di rumah kepala dukuh agar warga pengungsian tidak mengalami kendala pasokan makanan.

Budi juga meminta kepada warga pengungsi yang berjumlah 125 Kepala Keluarga (KK) atau 316 jiwa tidak kembali dahulu ke rumah karena intensitas hujan diperkirakan masih tinggi.

“Sekarang warga bersih-bersih rumah tidak apa-apa. Tapi malam kita tidak merekomendasikan untuk kembali ke rumah” ujarnya.

Budi menambahkan Bencana longsor dan banjir lumpur yang menggenangi puluhan rumah warga tidak hanya terjadi, Kamis (13/6/2013) sore di Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, namun juga di Kecamatan Gedangsari.

“Kecamatan Gedangsari baru saja saya cek yang terkena longsor ada dua dusun di Desa Ngalang,” ucap Budi.

Sampai berita ini ditulis BPBD, PMI, TNI, Polisi, Tim SAR beserta masyarakat masih bekerja bakti membersihkan jalan dan rumah warga dari lumpur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya